Kader Pos Yandu Harus Mampu Deteksi Tumbuh Kembang Balita

oleh -
Pembinaan kader Pos Yandu Kecamatan Paliyan. Foto: Atmaja.
iklan dispar
Pembinaan kader Pos Yandu Kecamatan Paliyan. Foto: Atmaja.
Pembinaan kader Pos Yandu Kecamatan Paliyan. Foto: Atmaja.

PALIYAN,(KH) — Kader posyandu se-Kecamatan Paliyan mendapatkan pelatihan deteksi tumbuh kembang balita. Dalam kegiatan yang digelar BPMKB Kabupaten Gunungkidul di Balai Padukuhan Tahunan Desa Karangduwet tersebut juga hadir meninjau Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos.

Kepala Bidang Keluarga Berencana BPMKB, Wijang Eka Aswarna mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan memberikan pengarahan kepada kader Pos Yandu. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelatihan langsung kepada para kader.

“Diberikan pengarahan bahwa tugas kader tidak hanya melakukan proses penimbangan tetapi dapat mendeteksi tumbuh kembang balita,” katanya, Rabu (08/04/2015).

Ia menambahkan, kegiatan ini dapat menjadi pilot project untuk kegiatan di kecamatan lainnya. Kegiataan pembinaan terintegrasi BKB, PAUD, SDIDTK di Posyandu rencananya juga akan menyasar di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

“Kader di Desa Karangduwet merupakan piloting dari kegiatan perencanaan binaan integrasi,” imbuh Wijang.

Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos mengatakan, pembinaan teriintegrasi agar dapat menumbuhkan semangat kerja kader yang ada di Gunungkidul. Menurutnya, peranan kader yang ada di setiap Desa amatlah penting untuk tumbuh kembang balita yang ada di setiap desa.

Selain itu, pembinaan terintegrasi juga mampu menumbuhkan kebanggan sebagai kaum wanita. Peran wanita lanjut Bupati, diharapkan mampu dituangkan sebagai seorang kader yang penuh kasih sayang dan mampu mendeteksi tumbuh kembang balita.

“Pendampingan dan pemantauan diharapkan benar-benar dilakukan, agar dapat terpenuhi tujuan untuk mendeteksi tumbuh kembang balita. Kader menjadi tombak untuk memantau perkembangan balita di masing-masing desa,” tandasnya. (Atmaja).

Komentar

Komentar