Jelang Lebaran Pasar Semin Mulai Berbenah

oleh -

SEMIN, kabarhandayani.– Pasca kebakaran yang menghanguskan Pasar Semin 31 Desember 2013 silam, Pasar Semin yang menjadi urat nadi perekonomian kawasan timur Gunungkidul terus dibenahi dan ditata. Penataan dilakukan untuk menghadapi lonjakan pedagang dan pengunjung lebaran mendatang.

Pelaksana Harian Pengelola Pasar Semin Bambang Edi S mengatakan, berkaca pada lebaran sebelumnya, lonjakan pengunjung akan terjadi pada H-7 lebaran. Saat itu juga akan banyak pedagang dadakan yang muncul memadati Pasar Semin hingga terjadi kesemrawutan di area pasar.

Mengantisipasi hal tersebut, pihak pegelola pasar terus berupaya mencari solusi. Selain akan memanfaatkan kios darurat yang telah dibangun pemerintah beberapa waktu lalu, pengelola pasar akan menempatkan sejumlah pedagang dadakan agar menggelar dagangannya di area bekas pasar yang terbakar.

“Lonjakan pedagang dan pengunjung ini kita prediksi akan membuat keterbatasan tempat. Saat ini kita terus berkoordinasi dengan Kantor Pengelolaan Pasar Gunungkidul untuk mengantisipasi hal tersebut,” kata Edi di kantornya Semin, Kamis (10/7/2014).

Edi menjelaskan, saat lebaran tiba, Pasar Semin tidak hanya dipadati warga Gunungkidul, melainkan sejumlah pedagang dan pengunjung akan datang dari sejumlah daerah seperti Cawas, Klaten, hingga Wonogiri. Penataan pasar tradisional tersebut diharapkan akan memberikan nilai tambah  terhadap kenyamanan masyarakat serta meningkatkan transaksi.

“Sebab jika kenyamanan itu tidak tercapai, maka kehadiran pasar tradisional ini bisa ditinggalkan masyarakat secara perlahan-lahan,” katanya.

Ditambahkan, jika penataan telah dilakukan tingkat kunjungannya diharapkan semakin meningkat, dan menjadi  pusat kunjungan wisata bagi masyarakat, tingkat transaksi semakin tinggi, yang pada akhirnya bermuara kepada peningkatan pendapatan masyarakat.

Edi juga menjelaskan, dalam waktu dekat pembangunan Pasar Semin juga akan dilakukan. Tetapi pihaknya belum dapat memastikan kapan pembangunan akan mulai dilaksanakan. “Pastinya belum tahu tapi saya dengar memang tahun 2014 ini,” pungkasnya. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar