Jelang Hari Jadi Gunungkidul, Karangmojo Adakan Donor Darah dan KB Gratis

oleh -
iklan dispar

KARANGMOJO, kabarhandayani.– Dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Gunungkidul yang ke 183, Kecamatan Karangmojo mengadakan donor darah dan Program Keluarga Berencana (KB) Gratis, Rabu (21/5/2014). Kegiatan tersebut bertempat di Klinik Bersalin milik Yustina Sri Widati,S.ST di Padukuhan Warung, Desa Gedangrejo, Kecamatan Karangmojo. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Karangmojo, PMI Kabupaten Gunungkidul dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Gunungkidul. 

Berdasarkan data yang diperoleh, ada 60 ibu-ibu yang memenuhi persyaratan mengikuti program KB gratis, sementara 10 diantaranya gagal karena tidak memenuhi persyaratan secara umum. Dari 60 ibu-ibu, 45 ikut KB ayudi ada 15 sisanya ikut KB implan. Bidan Yustina yang menangani pelayanan tersebut mengatakan bahwa kegiatan dikemas dalam gerakan program pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), berupa pelayanan pemasangan alat kontrasepsi implan dan ayudi secara gratis. Dirinya juga dibantu 8 tenaga dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Gunungkidul. 

“Pelayanan MKJP berupa pemasangan alat kontrasepsi jenis implan (berfungsi selama 3 tahun) dan jenis ayudi (berfungsi selama 8 tahun). Para ibu terbilang cukup antusias dalam memanfaatkan momentum gerakan pelayanan MKJP secara gratis ini, karena sebelumnya telah dilakukan sosialisasi,” ujarnya. 

Sementara itu kegatan donor darah juga tak kalah menariknya. Masyarakat dan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan karangmojo juga berlomba-lomba menyumbangkan darahnya sebagai aksi bakti sosial. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) pun tak mau ketinggalan memanfaatkan momentum donor darah tersebut. 

“Kegiatan donor darah diikuti oleh unsur Muspika Kecamatan Karangmojo, masyarakat dan mahasiswa yang melakukan KKN di Kecamatan Karangmojo. Banyak yang mendaftar namun hanya 16 orang yang memenuhi persyaratan,” jelas Aris Suyanto Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Karangmojo. 

Camat Kecamatan Karangmojo, Supadma yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut mengharapkan kegiatan bisa dilakukan secara rutin dalam jangka waktu tertentu sesuai harapan masyarakat. “Diharapkan bisa dilakukan secara rutin, masyarakat terlihat begitu antusias. Untuk itu saya akan terus memberikan dukungan kaitannya dengan kegiatan serupa,” jelasnya. (Sidik/Hfs)

Komentar

Komentar