Antisipasi Dini Kerugian Ternak Menjelang Kemarau

oleh -
drh Krisna Berlian, Kepala Dinas Peternakan Gunungkidul, Dok. KH
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Gunungkidul terus melakukan sosialisasi kepada para peternak untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kerugian akibat musim kemarau yang bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas hewan ternak.

“Saat musim kemarau, peternak akan kesulitan menadapatkan Hijau Makan Ternak (HMT), musim itulah peternak akan mengalami kendala cukup berat, karena rumput akan sulit didapat,” ungkap Kepala Dinas Peternakan Gunungkidul, Krisna Berlian, Kamis (22/5/2014).

Menurutnya, sulitnya mendapatkan rumput saat musim kemarau akan menyebabkan kualitas hewan ternak turun. Sehingga akan mempengaruhi berat badan hewan peliharaan menjadi lebih kurus, otomatis juga akan mempengaruh harga jual.

Pihaknya meminta para peternak untuk memaksimalkan pakan tenak alternatif dan lebih dini memanfaatkan tiga strata yang menyangkut penanaman pakan ternak tergantung dengan musim.

“Contohnya, ketika memasuki musim kering, maka daun-daun dari beberapa pohon seperti pisang, dan nangka bisa menjadi pakan ternak, bantuan komposer juga telah kita berikan kepada masyarakat supaya dapat memaksimalkan penggunaan pakan ternak alternatif,” katanya. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar