Jathilan Wonosari dan Reog Nglipar Jawara Festival Jathilan dan Reog

oleh -
kadhung tresno
TANJUNGSARI, Kabarhandayani.– Sejumlah 18 grup reog tampil dalam Festival Jathilan dan Reog tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2014 yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gunungkidul di Pantai Krakal, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari pada Minggu (18/5/2014).
 
Purnawan Widayanto, selaku Panitia dari Bidang Kebudayaan Disbudpar Gunungkidul menjelaskan, acara ini merupakan acara tahunan dan juga tahun ini merupakan rangkaian acara peringatan hari jari Gunungkidul ke-183. “Yang lomba pada hari ini adalah reog, untuk jathilan sudah dilaksanakan kemarin. Pesertanya juga dari 18 kecamatan di Gunungkidul,” jelasnya.
 
Purnawan menjelaskan, kriteria penilaiannya adalah kesesuaian penampilan dengan tema yang diusung serta kreativitas seperti tata rias, tata penampilan, tata nada dan gerakan. Sedangkan yang memperoleh juara 1 hingga 5 memperoleh piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan dengan total anggaran sekitar 10 juta rupiah untuk seluruh pemenang.
 
Purnawan memaparkan perolehan kejuaraan festival tersebut, pada kategori jathilan juara 1 diraih oleh kecamatan Wonosari yaitu Turangga Beksa, juara 2 diraih Kecamatan Tepus yaitu Turangga Manunggal Budaya dan juara 3 diraih oleh Panggang yaitu Turonggo Harjo. Sedangkan untuk reog, juara 1 diraih oleh Kecamatan Nglipar yaitu Turonggo Manik Jati, juara 2 Kecamatan Semanu yaitu Kepanjen Budaya dan juara 3 Kecamatan Paliyan yaitu Ngudi Lestari.
 
“Peserta yang meraih juara 1 nanti akan menjadi wakil Gunungkidul dalam Festival Jathilan dan Reog tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta pada 22 Juni 2014 di Goa Cemara, Bantul,” ujarnya. (Mutiya)

Komentar

Komentar