Jalur Wisata Pantai Perlu Mendapat Perhatian Serius

oleh -
Jalur menuju Pantai Ngrenehan sempit dan banyak tanjakan. KH/ Kandar.
kadhung tresno
Jalur menuju Pantai Ngrenehan sempit dan banyak tanjakan. KH/ Kandar.
Jalur menuju Pantai Ngrenehan sempit dan banyak tanjakan. KH/ Kandar.

SAPTOSARI, (KH)— Sempitnya jalur wisata menuju destinasi wisata pantai di Gunungkidul masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah. Pasalnya, jalur yang ada belum mampu menampung padatnya kendaraan wisatawan.

Camat Saptosari, Jarot Hadiatmojo mengatakan, tidak hanya berada dikawasan Pantai Baron, sempitnya jalur yang mengakibatkan kemacetan juga terjadi di Pantai Nguyahan, Ngobaran dan Pantai Ngrenehan. Jalur wisata pantai yang hanya memiliki lebar 4 meter tidak mampu menampung kendaraan wisatawan.

“Kita lihat libur panjang kemarin jalur wisata pantai yang kita ketahui merupakan jalan desa ini tidak mampu menampung banyaknya kendaraan wisatawan, jadi perlu mendapat perhatian khusus,” ungkap Jarot, Selasa (13/12/2016).

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gunungkidul Djaka Lelana mengatakan, masih banyak jalur wisata pantai di Gunungkidul yang berstatus sebagai jalan desa. Menurutnya harus segera dilaksanakan perubahan status dari jalan desa menjadi jalan kabupaten agar pemerintah daerah mempunyai kewenangan penuh dalam pembangunan jalan.

“Perubahan status ini memang tidak mudah, harus ada ijin dari pusat. Karena memang pembangunan jalan desa sebenarnya adalah kewenangan desa,” paparnya. (WW)

Komentar

Komentar