HUT 183 Gunungkidul, Pemkab Berikan Penghargaan Warga Berprestasi

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, Kabarhandayani.- Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyerahkan Penghargaan Anugrah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kreatifitas Inovasi Masyarakat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2014. Penghargaan diserahkan dalam malam refleksi yang digelar di Bangsal Sewoko Projo, Senin malam (26/5/2014).

Untuk kategori umum, Markidin Parikesit S.Pd,MT dengan karya listrik tenaga surya berbahan accumulator bekas berhasil meraih juara pertama. Penghargaan kedua diberikan kepada Atmo Wijoyo pembuat alat pemecah dan pengupas kedelai berbahan kayu, serta penghargaan ketiga diberikan kepada Sutino dengan hasil karya mengolah limbah batu alam.

Untuk kategori Siswa Menengah Atas, Sri Hartati dan Amalia Nurvitasari siswa SMAN 1 Semin menjadi pemenang pertama dengan karya Brotowali Sebagai Insektisida Alami. Pemenang kedua, diberikan kepada Rizka Diah Amalia dari SMAN 2 Wonosari dengan karya Kerupuk Si Langsing yang merupakan Krupuk Inovasi Belalang Singkong. Untuk pemenang ketiga, diberikan kepada Devi Luthfikasari dari SMAN 1 Semin dengan judul karya Pemanfaatan Labu Kuning Sebagai Bahan Dasar Geplak.

Untuk bidang seni, Subardi diberikan anugerah sebagai pelopor dan pelestari ketoprak. Kemudian, Salim Hadi Suyitno terpilih sebagai pelopor dan pelestasi pedalangan. Pelopor dan pelestari tari tayub diterima Gunem. Alm Darmo Sentono terpilih sebagai pelestari dan pelopor karawitan serta Alm Sapar terpilih sebagai pelopor dan pelestari wayang beber.

Masing-masing penerima penghargaan tersebut mendapatkan uang pembinaan dan piagam dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidu. “Saya berharap pemberian anugrah ini dapat menjadi semangat hingga dedikasi , gagasan dan kreatifitas penerima penghargaan akan terjaga,”ucap Bupati Gunungkidul seusai memberikan penghargaan. (Juju/Jjw).

Komentar

Komentar