HUT 183 Gunungkidul: 18 Gunungan Akan Diarak dan Diperebutkan Masyarakat

oleh -
kadhung tresno

WONOSARI, Kabarhandayani.– Ketua Umum Pelaksana Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Gunungkidul ke-183, Tommy Harahap mengatakan, saat pelaksanaan upacara peringatan hari jadi Kabupaten Gunungkidul besok pagi, Selasa (27/5/2014) akan diarak 18 gunungan hasil bumi dari masing-masing kecamatan masuk ke Alun-alun Pemkab Gunungkidul.

“Gunungan hasil bumi akan diperebutkan masyarakat, adapun hasil bumi yang dipasang dalam gunungan tersebut merupakan hasil bumi atau yang menjadi ciri khas masing-masing kecamatan,” kata Tommy kepada wartawan, Senin (26/5/2014). Lebih lanjut Tommy mengatakan, saat upacara berlangsung akan ada tiga prosesi yang dilaksanakan yakni pra upacara, upacara inti dan pasca upacara.

Saat pra-upacara, acara akan diisi dengan tarian massal sebagai wujud persembahan selamat datang kepada peserta upacara yang berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Setelah itu lanjut Tommy, ke-18 gunungan akan diarak masuk ke dalam lapangan dan dilanjutkan dengan laporan Bupati Gunungkidul kepada Gubernur DIY.

Setelah acara inti selesai, 18 gunungan tersebut akan digelar di alun-alun dan dapat diperebutkan oleh masyarakat yang ingin mendapatkan bagian dari gunungan tersebut. Gunungan tersebut akan ditempatkan di sisi depan kanan dan kiri alun-alun Pemkab Gunungkidul.

“Gunungan hasil bumi ini sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap melimpahnya hasil petani, perayaan tahun ini memang kita konsep beda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini kita lebih banyak melibatkan masyarakat,” tambah Tommy. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar