Hingga Hari ke- 7, Operasi Pencarian Nelayan Hilang Dihentikan

oleh -
laka laut
Petugas gabungan melakukan upaya pencarian nelayan hilang hingga hari ke- 7. (dok. SAR Satlinmas Wilayah I DIY di Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Sejak dilaporkan hilang, Tim SAR Gabungan terus melakukan pencarian nelayan hilang atas nama D (25), warga Girisubo, Gunungkidul.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I DIY di Gunungkidul, Sunu Handoko melaporkan, D hilang saat melakukan aktivitas mencari ikan di laut selatan, Sabtu (10/09/2022) lalu.

Sebelum akhirnya hilang tanpa jejak, D terakhir terlihat di bagian belakang kapal sedang buang air besar. Dugaan titik lokasi korban hilang cukup jauh dari dermaga Pantai Sadeng. Kurang lebih sekitar 45 mil dari pelabuhan Pantai Sadeng, tepatnya di koordinat 08′ – 42`LS 110`- 03`BT.

“Operasi pencarian resmi dihentikan pada Jumat (16/09/2022) lalu. Sebab sudah masuk hari ke-7. Penghentian pencarian sudah sesuai prosedur,” kata Sunu Handoko Senin (19/09/2022).

Saat pencarian, setidaknya petugas gabungan menggunakan 6 kapal nelayan. Namun hingga mereka kembali ke pantai di hari terakhir operasi, jasad nelayan yang hilang masih belum ditemukan.

Upaya pencarian juga tak berjalan mulus dan maksimal. Sebab, muncul kendala berupa cuaca. Saat pencarian petugas menemui hujan angin dan tingginya gelombang laut.

Meski pencarian dihentikan, pemantauan terus dilakukan oleh petugas SAR setempat. Pihaknya mengaku, koordinasi dengan masyarakat dan nelayan juga dilakukan. Manakala menemukan jasad atau benda mencurigakan nelayan diminta untuk segera menyampaikan laporan.

“Kami masih berharap korban dapat ditemukan,” tukas Sunu. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar