Hari Pertama Uji Coba Pembukaan Pantai, Ditemui Wisatawan Tak Bermasker

oleh -
Wisatawan di Pantai Baron saat hari pertama uji coba pembukaan wisata pantai. (KH/Kandar)
iklan dispar

TANJUNGSARI, (KH),– Pengunjung terpantau memasuki dua destinasi wisata pantai, Baron dan Kukup di Gunungkidul pada uji coba pembukaan hari pertama, Rabu, (24/6/2020).

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR), Supardi menyebutkan, hingga siang jumlah wisatawan yang masuk baik yang menggunakan roda dua maupun roda empat di TPR utama atau dari arah Wonosari mencapai 200-an pengunjung.

Saat masuk, petugas TPR memeriksa wisatawan memakai masker atau tidak, mengecek suhu tubuh, dan meminta data identitas. Jika suhu tubuh wisatawan melebihi 37,3 derajat Celcius, maka petugas tidak memperkenankan masuk dan meminta agar wisatawan berisitirahat terlebih dulu.

“Jiko rombongan bermobil kami batasi maksimal 10 orang,” kata Supardi ketika ditemui di pos TPR.

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II, Baron-Gunungkidul, Surisdiyanto mengungkapkan, berdasar pantauan masih ada sejumlah wisatawan yang tidak tertib menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Petugas SAR menjumpai wisatawan tidak mengenakan masker.

“Petugas SAR berjaga dan berkeliling untuk memantau wisatawan sembari terus mengingatkan protokol kesehatan. Salah satunya tidak lupa pakai masker,” terang Surisdiyanto.

Berdasar pantauannya, di Pantai Kukup setidaknya ada 1.000-an wisatawan yang berkunjung.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, uji coba pembukaan wisata selain di Pantai Baron dan Kukup juga dilaksanakan di destinasi Gunung Api Purba Nglanggeran serta Gua Kali Suci.

“Dua kawasan pantai Baron dan Kukup maksimal 7.000 wisatawan. Uji coba dilakukan hingga 30 Juni 2020,” ujar Hary.

Saat ditemui di kawasan Pantai Baron, wisatawan asal Yogyakarta, Tiwi mengaku tidak tahu jika hari ini merupakan hari pertama uji coba pembukaan destinasi wisata Pantai Baron.

“Kami berempat bersama keluarga dan tetangga,” tukas Tiwi. (Kandar)

Komentar

Komentar