Gunungkidul Tetap Melayani Perekaman Data E-KTP

oleh -
iklan golkar Gunungkidul

WONOSARI, (KH) — Menteri dalam negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo meminta program perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dihentikan semantara, karena program ini akan dilakukan evaluasi dan pembenahan.

 

Di Kabupaten Gunungkidul, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tetap melayani perekaman e-KTP. Pemerintah setempat terus melayani masyarakat meski pemerintah pusat memberikan himbauan untuk menghentikan sementara.

 

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Eko Subiyantoro mengatakan, program perekaman e-KTP di Gunungkidul tidak dihentikan sementara. Bagi masyarakat yang akan melakukan perekaman data penduduk masih dilayani seperti biasa.

 

“Pelayanan e-KTP tetap jalan, masalah ada pemalsuan e-KTP, itu kan urusan pusat. Bagi masyarakat yang akan melakukan perekaman data kependukan tetap kita layani.”, kata Eko, Senin (17/11/2014).

 

Eko menegaskan, pihaknya tetap melaksanakan perekaman e-KTP karena hingga saat ini belum menerima surat resmi dari Mendagri. Terkait kebijakan Mendagri tersebut, Eko mengaku, telah mengintruksikan seluruh jajaranya untuk tetap melayani perekaman e-KTP.

 

Ia menambahakan, jika tidak ada perubahan, Gunungkidul akan mencetak e-KTP secara mandiri dengan jumlah besar pada bulan Januari 2015 mendatang. Saat ini pencetakan memang sudah dilakukan tapi dalam jumlah terbatas.

“Sebanyak 3.648 blangko e-KTP sudah diterima kabupaten. Perekaman biodata tetap kita layani, dan mulai Januari 2015 bisa cetak langsung di kabupaten.”, terang Eko

 

Ia menegaskan, karena jumlah blangko pengiriman dari pusat masih terbatas, blanko hanya akan digunakan untuk hal-hal yang mendeasak. Bagi pemegang e-KTP yang ada perubahan element pada KTP-nya dapat langsung diganti.

 

“Bagi masyarakat yang kemarin gagal rekam, serta masyarakat yang pindah datang, juga tetap kita layani.”, ujarnya.

 

Selain itu, lanjut Eko, pengurusan surat-sutat lainya seperti akte kelahiran, akte kematian dan dokumen kependudukan tetap dilayani. “Saya minta ini menjadi perhatian masyarakat, bahwa perekaman e-KTP di Gunungkidul tetap dilayani.”, pungkasnya. (Juju/Tty)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar