Goa Siluman Belum Banyak Diketahui

oleh -
iklan dispar

NGAWEN, kabarhandayani–Kecamatan Ngawen Gunungkidul merupakan kecamatan yang berada paling utara di Kabupaten Gunungkidul. Letaknya di perbatasan Gunungkidul dengan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Kondisi alamnya berbukit batu kapur.
Di desa Tancep di dusun Bantengwareng terdapat Goa Siluman yang nampaknya angker dengan sebutan “Goa Siluman”.
MBah Wito (76), warga dusun Bantengwareng kepada KH, Jumat (26/09) menceritakan, bahwa Goa Siluman sudah ada sejak kakek-neneknya. Diberi nama Siluman karena warga sering melihat harimau keluar masuk goa.
Pada suatu saat warga masyarakat bersatu untuk mengamati harimau yang masuk goa. Masyarakat menunggu lama, harimau tidak keluar, kemudian masyarakat mencoba untuk melihat ke dalam goa. Dengan membawa sabit warga masuk ke goa. Ternyata Harimau tidak ditemukan, yang ditemukan justru sumber air jernih. Dengan kejadian tersebut goa tersebut diberi nama Goa Siluman. Masyarakat mempercayai yang diartikan siluman adalah harimau.
Sampai sekarang tidak ada warga yang bertemu harimau di goa tersebut. Bahkan warga sering mengambil air kedalam Goa Siluman. “Kemajuan jaman dalane dadi apik, Goa Siluman dadi obyek wisata,” harap Mbah Wito.
Sekdes Tancep Tri Hartono SIP dan Kadus Bantengwareng Muryadi mengamini, semoga jalan lingkar buatan siswa-siswi SMKN 1 jadi kenyataan. Jalan bisa diaspal dan membuka daerah terisolir. Goa Siluman menjadi tempat Wisata di utara Kabupaten Gunungkidul. (Sarwo/Tty)

Komentar

Komentar