Geliat Pasar Munggi, Semanu

oleh -
Suasana kegiatan perekonomian Pasar Munggi, Semanu. KH/ Edo
iklan dispar
Suasana kegiatan perekonomian Pasar Munggi, Semanu. KH/ Edo
Suasana kegiatan perekonomian Pasar Munggi, Semanu. KH/ Edo

SEMANU, (KH)— Pasar Munggi merupakan salah satu pasar yang berada di Kecamatan Semanu. Tepatnya berada di sebelah timur Kantor Kecamatan Semanu.

Pasar Munggi ini masuk ke dalam Kemantren Pasar Semanu-Karangmojo bersama Pasar Ngenep, Pasar Wonontoro dan Pasar Grogol, serta Pasar Tengeran Karangmojo.

Di pasar ini, berbagai barang diperjualbelikan, baik barang lokal dari Gunungkidul maupun barang dari luar Gunungkidul. Suranto selaku Lurah Pasar menjelaskan, pedagang yang beroperasi setiap hari pasaran ada 585 pedagang. Mereka menempati 47 kios, los pasar, dan sisanya menempati plataran pasar.

“Pedagang yang aktif beroperasi setiap pasaran berasal dari sekitar Semanu sendiri. Tetapi ada juga pedagang dari luar Gunungkidul seperti dari Cawas, Klaten, Groso, dan Praci,” jelasnya.

Mereka dikenakan biaya sewa kios per hari sebesar Rp 250,00 per meter, los pasar per hari Rp 200,00 per meter dan plataran pasar dikenai karcis retribusi Rp 150,00 per hari. Biaya menyesuaikan pada ukuran luas/ kapling kios serta memperhitungkan posisinya.

Diketahui ada berbagai macam barang yang diperjual belikan dipasar Munggi ini, seperti berbagai macam sayuran, makanan ,pakaian, sembako, dan berbagai macam hewan seperti, burung, sapi, kambing, kelinci, ayam, dan lainnya.

Suranto menambahkan, komoditas dagangan terbanyak yang diperjualbelikan di Pasar Munggi yaitu jenis sembako dan pakaian. Untuk pakaian sendiri kebanyakan didatangkan dari Bandung Jawa Barat dan Solo.

Untuk jenis komoditas sayuran banyak pedagang mengambil dari Tawangmangu dan Magelang. Karena kontribusi dari petani lokal sangat minim.

“Hasil dari para petani sendiri hanya berupa pete, kedelai, dan kacang, dan beberapa jenis sayuran lainnya,” pungkasnya. (Edo)

Komentar

Komentar