FPNB Gelar Lomba Cerpen, 17 Karya Terbaik Diterbitkan Ke Dalam Buku

oleh -
Lomba cerpen FPNB.
iklan dispar
Lomba cerpen FPNB.
Lomba cerpen FPNB.

WONOSARI, (KH)— Forum Penulis Negeri Batu (FPNB) kembali mengadakan lomba menulis cerita pendek (cerpen). Dalam lomba kali ini komunitas penulis dan pecinta literasi di Gunungkidul memilih tema cerpen “Rahasia Ilahi”.

Disampaikan ketua panitia penyelenggara lomba, M. Hariwijaya, bahwa komunitas yang berdiri tahun 2013 ini memang berkomitmen mendorong terciptanya iklim yang kondusif, kreatif dan inovatif untuk semua elemen anak bangsa, salah satunya melalui kegiatan tulis menulis. “Kami ingin mencari penulis-penulis berbakat, atau penulis yang dididik oleh alam dan kehidupan yang keras, melalui lomba menulis cerpen,” terangnya, Senin, (2/1/2017).

Hari mengutarakan, lomba menulis cerpen akan menjadi agenda rutin selama 10 bulan di tahun 2017. Dalam setiap lomba akan memperebutkan juara 1, 2 dan 3 serta 12 nominator. Selain itu akan dipilih pula peraih piala orisinalitas dan kreatifitas.

Disamping itu dewan juri dibantu tim redaksi di bulan terakhir penyelenggaraan lomba akan memilih 17 cerita terbaik. Selanjutnya, cerita pilihan redaksi tersebut akan menjadi 17 karya yang akan diterbitkan dalam buku “Cerita Pilihan dari Gunungkidul untuk Dunia”. Buku tersebut akan dipersembahkan untuk Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul.

Lanjut dia, ketentuannya, lomba ini berlaku untuk umum, bahkan peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah cerita. Syarat lainnya, karya harus original, belum pernah dipublikasikan di media cetak, elektronik, online, dan tidak sedang diikutsertakan dalam kompetisi lain.

“Materi dan bahasa dilarang bersifat SARA, pornografi atau tindakan yang melanggar hukum. Pelanggaran atas peraturan teknis ini akan dikenakan sanksi pembatalan keikutsertaan,” terang Hari. Syarat lain, peserta wajib menshare/tag pengumuman lomba melalui medsos dengan ketentuan minimal 5 share/tag kemudian menyertakan printscrint share tersebut sebagai lampiran.

Berikut ketentuan-ketentuan lain yang disampaikan panitia mengenai lomba penulisan cerpen;

Syarat Penulisan:

  1. Cerita Pendek wajib berbahasa Indonesia, diperbolehkan menggunakan bahasa yang tidak baku.
  2. Judul, nilai agama yang dianut bebas, namun sesuai tema.
  3. Setiap cerita wajib terdiri dari 200-350 kata.

Alamat Pengiriman:

Pengiriman cerita dalam bentuk WORD ke email : [email protected] dan kirim pesan WA ke FPNB, nomor 081578868043 dengan format JUDUL-NAMA PENULIS-TGL-BLN KIRIM.

Waktu Lomba:

  1. Pengiriman naskah dimulai 10-31 Januari 2017.
  2. Pemenang lomba menulis cerita akan diumumkan dalam acara Sastra Bukit Berbintang (waktu dan tempat menyusul).

“Hadiah bagi juara 1 berupa penghargaan dan uang tunai Rp 1.000.000, urutan ke-2 mendapat penghargaan dan uang tunai Rp 750.000, sedangkan juara 3 mendapat penghargaan dan uang Rp 500.000,” pungkas Hari. (Kandar)

Komentar

Komentar