Festival Pantai Selatan Bersama UIN Guna Pemberdayaan Warga Pesisir

oleh -
Pembukaan Festival Pantai Selatan di Pantai Nguyahan. KH
iklan dispar
Pembukaan Festival Pantai Selatan di Pantai Nguyahan. KH

GUNUNGKIDUL, (KH),– Warga di Kecamatan Saptosari bersama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga menggelar Festival Pantai Selatan (FPS), Minggu, (26/8/2018). Kegiatan tersebut merupakan puncak pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

FPS merupakan inisiasi bersama antara UIN Sunan Kalijaga dan Forum CSR Kesos RI yang diketuai oleh GKR. Mangkubumi, dengan tema Discover The Beauty And The Economics Value Of Saptosari.

Wakil Rektor III, Dr. Waryono Abdul Ghofur, M.Ag., mengatakan, pada pelaksanaan KKN UIN menerjunkan 520 mahasiswa di Kecamatan Saptosari. Tema KKN angkatan 96 ini yakni “Among Tani Dagang Layar”.

“UIN merupakan kampus yang konsen pada program-program pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa KKN mendampingi masyarakat untuk mengangkat potensi ekonomi lokal melalui pembuatan dan perbaikan produk -produk olahan UKM,” paparnya pada pembukaan FPS di Pantai Nguyahan, Saptosari.

Pendampingan yang dilakukan terkait dengan proses perijinan, kualitas pengolahan, packaging dan pemasaran produk dengan memperkenalkan model  e-commers.

Waryono Abdul Ghofur melanjutkan, event Festival Pantai Selatan bertujuan memperkenalkan potensi destinasi Pantai pasca terjadinya gelombang tinggi beberapa waktu yang lalu, mengenalkan pembaharuan produk-produk lokal serta menjadi pemantik awal dengan harapan event menjadi sebuah kegiatan rutin tahunan.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Dr. H. Immawan Wahyudi, M.H yang berkesempatan hadir mengucapkan terimakasih atas upaya-upaya UIN Sunan Kalijaga yang telah melakukan pendampingan dan pemberdayaan bagi warga masyarakat Saptosari.

“Dengan modal sosial guyub- rukun dan gotong- royong serta etos kerja yang tinggi menjadikan seberat apapun beban pekerjaan akan menjadi mudah dan ringan,” ulasnya. Menurutnya masyarakat harus bersama-sama bangkit pasca gelombang tinggi.

Pihaknya mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk terus semangat mengembangkan kreativitasnya guna kemajuan dan kesejahteraan seiring perkembangan pariwisata di Gunungkidul. (Kandar)

Komentar

Komentar