Dishutbun Galakkan Pemuliaan Tanaman Bambu

oleh -
kadhung tresno

bambu-dishutbunWONOSARI, (KH) — Sebagai hasil hutan non kayu, tanaman bambu akan dioptimalkan sebagai tanaman yang bisa digunakan sebagai bahan baku kerajinan tangan. Keterbatasan pasokan tanaman bambu, membuat sebagian pengerajin anyaman bambu harus mencari bambu di luar Kabupaten Gunungkidul. Menanggapi hal tersebut Dinas Kehutanan dan Perkebunan Gunungkidul berupaya melakukan pelestarian tanaman bambu. Penanaman bambu telah dilakukan di 4 Kecamatan, meliputi Semin, Patuk, Purwosari, dan Karangmojo sejak 2013 lalu.

Kepala Dishutbun Gunungkidul Ir. Bambang Wisnu Broto menyatakan, pelestarian tanaman bambu perlu dilakukan. Menurutnya, semua jenis bambu sesungguhnya bisa dimanfaatkan, mulai dari bambu apus, petung, wuluh, wulung, ampel, ori sampai ke bambu kuning, memiliki nilai ekonomi lumayan tinggi.“Secara pribadi saya amati, terutama bambu wulung banyak diekspor dalam bentuk rangkaian panel untuk pagar maupun sekat kamar. Sementara untuk bambu ampel sering digunakan sebagai bahan baku untuk membuat suling,” ucap Bambang, Kamis (30/04/2015).

Saat ini pihaknya mencoba mendorong masyarakat, terutama yang bermukim di perdesaan untuk melakukan budidaya bambu. Menurut Bambang, menanam bambu tidak ada ruginya. Terlebih saat ini pengerajin suling bambu di Gunungkidul masih mendatangkan bambu dari luar seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah. “Bahkan bambu bisa dijadikan sebuah kaos, saat saya melihat stand pameran bambu di Jakarta beberapa tahun lalu,” ujarnya.Berdasarkan fenomena tersebut, Dishutbun Gunungkidul optimis, tanaman bambu ke depan memiliki prospek cukup cerah. Saat ini, pihaknya masih berupaya untuk membangkitkan gairah masyarakat Gunungkidul dalam pelestarian bambu.

Beberapa titik yang sudah ditanami bambu saat ini sudah berkembang cukup baik. Rencana kedepan Dishutbun akan melakukan perluasan untuk penanaman bambu agar pengerajin tidak lagi kebingungan dalam bahan baku bambu.

“Semoga masyarakat Gunungkidul dapat ikut membantu dalam pelestarian tanaman bambu. Karena tanaman bambu mempunyai banyak manfaat disamping dapat digunakan sebagai bahan baku kerajinan,” tandasnya. (Atmaja).

Komentar

Komentar