Disbudpar Siapkan Dua Shower Raksasa

oleh -
iklan dispar

TANJUNGSARI, kabarhandayani.– Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul menyiapkan shower raksasa dengan panjang kurang lebih 25 meter di dua pantai selatan Gunungkidul, shower ini diperuntukkan bagi masyarakat umum yang akan menyelenggarakan ritual padusan menjelang puasa atau Ramadhan.

Kepala Bidang Pengembangan dan Produk Wisata Disbudpar Hari Sukmono mengatakan, shower raksasa ditempatkan di pantai Baron dan Pantai Sundak. Tower yang dibuat menggunakan pipa tersebut kemudian dialiri air yang diangkat dari sungai bawah tanah hingga membentuk kucuran-kucuran air layaknya sebuah shower.

“Shower raksasa ini rutin kita buat setiap tahunnya, selain untuk ritual padusan, shower kita adakan untuk menarik wisatawan datang ke sini,” ungkap Hari, Jumat (27/6/2014).

Uniknya, dalam ritual ini warga yang datang menjalani ritual padusan banyak berasal dari luar daerah Gunungkidul. Mereka datang dari Klaten hingga Magelang. Pantauan wartawan, ombak pantai selatan Gunungkidul memang kurang bersahabat, puluhan anggota SAR (Search And Rescue) telah disiapkan.

Hari menambahakan, ritual padusan merupakan upaya umat untuk membersihkan mental dan diri. Menurutnya, di obyek wisata pantai sengaja dikemas secara berbeda agar masyarakat semakin antusias menghadapi puasa Ramadhan. “Karena bertepatan dengan hari libur kita pastikan wisatawan akan membludak,” tambahanya. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar