Dinas Peternakan Akan Awasi Beberapa Lokasi Penyembelihan Hewan

oleh -
Ilustarsi. Foto : Antaranews
iklan dispar
Ilustarsi. Foto : Antaranews
Ilustarsi. Foto : Antaranews

WONOSARI, (KH) — Pada Hari Raya Idul Qurban Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul akan melakukan pemantauan ke sejumlah titik pemotongan hewan qurban. Hal ini dilakukan agar pihaknya bisa mengetahui kondisi rata-rata hewan qurban yang digunakan warga Gunungkidul.

Kepala Dinas Peternakan, Khrisna Berlian mengatakan, pihaknya akan melakukan pantauan di wilayah yang biasa menjadi lokasi titik kumpul ternak yang akan dijadikan hewan kurban. Selain itu, mendirikan posko untuk memantau hewan ternak.

Krisna menjelaskan, pihaknya akan melakukan pendampingan terhadap petugas penyembelih saat hari penyembelihan. Hal ini dilakukan agar penyembilhan secara sehat dan sesuai dengan petunjuk agama.

“Kita akan melakukan pemantauan dengan menempatkan petugas khusus,” katanya, Sabtu (29/08/2015).

Khrisna mengatakan, pihaknya juga menyediakan laboratorium pemeriksaan hewan, jika nantinya masyarakat ingin memeriksakan hewan ternaknya.

“Kita membuka uji lab keswan. Sama seperti tahun sebelumnya, (dibuka) bagi penjual dan masyarakat yang ingin konfirmasi tentang kesehatan hewan,” katanya. (Maria Dwianjani)

Komentar

Komentar