Destinasi Wisata Dibuka, Capek Tidur Pedagang Ramai-ramai Buka Lapak

oleh -
baron
Ngadi, pedagang di Pantai Baron. (KH/ Kandar)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Berdasar Surat Edaran (SE) Nomor: 556/4825 tentang Pembukaan Destinasi Wisata di Kabupaten Gunungkidul, ditetapkan 27 kawasan destinasi wisata resmi diperbolehkan buka mulai hari ini.

Pada SE yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunungkidul Drajad Ruswandono Selasa (19/10/2021) itu, destinasi wisata dibuka dengan beberapa ketentuan.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Harry Sukmono menyampaikan, wisatawan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk kawasan wisata guna tindakan skrening.

“Skrening berlaku bagi semua pengunjung dan petugas serta pelaku wisata. Anak dibawah 12 tahun diperbolehkan masuk dengan dampingan orang tua,” kata dia ketika dihubungi, Rabu (20/10/2021).

Adapun destinasi wisata yang dibuka di Kabupaten Gunungkidul pada masa PPKM level 2 ini, antara lain:

  1. Kawasan Baron-Seruni
  2. Kawasan Pantai Wediombo
  3. Kawasan Pantai Siung
  4. Kawasan Pantai Ngrenehan
  5. Kawasan Pantai Ngedan
  6. Kawasan Pantai Gesing
  7. Kawasan Pantai Timang
  8. Gunung Gentong
  9. Gua Cerme
  10. Gunung Gambar
  11. Taman Batu Mulo
  12. Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran
  13. Kawasan Gua Pindul
  14. Luweng Sampang
  15. Bejiharjo Edupark
  16. Watugupit
  17. Sri Gethuk Bleberan
  18. Hutan Wanasadi
  19. Green Village Gedangsari
  20. Embung Sriten
  21. Kalisuci Cave Tubing
  22. Telaga Jonge
  23. Cempluk Kesamben
  24. Taman Wisata Embung Bembem
  25. Gunung Ireng
  26. Dam Beton
  27. Teras Kaca
kukup
Suasana Pantai Kukup Rabu, (20/10/2021). Hari pertama pembukaan destinasi wisata pada masa PPKM level 2 di Gunungkidul, nampak wisatawan sedang menikmati kunjungan. (KH/ Kandar)

Menyambut izin pembukaan destinasi wisata, berdasar pantauan, pelaku usaha utamanya pedagang di Pantai Kukup dan Baron di Kapanewon Tanjungsari ramai-ramai membuka lapak. Kendaraan wisatawan baik mobil pribadi dan bus juga nampak berdatangan di dua pantai tersebut.

Ketua Forum Komunikasi (Forkom) Pokdarwis Gunungkidul, Awanto mengaku sangat mendukung serta dengan senang hati menyambut pembukaan destinasi wisata.

“Memang momentum seperti ini yang kami tunggu-tunggu. Pedagang di kawasan Baron hampir keseluruhan membuka lapak hari ini,” ujar pemilik warung makan di Pantai Baron ini.

Hal senada disampaikan Ngadi, penjual aneka olahan hasil laut di Pantai Baron. Ia menyatakan senang sekali mendengar informasi kawasan wisata dibuka.

“Harapannya setelah dibuka pengunjung ramai atau banyak. Dagangan kami laris,” harap dia.

Dirinya mengaku hampir selama empat bulan terakhir tak membuka lapak karena tidak ada pengunjung. Selama tutup, ia tak memiliki aktivitas ekonomi apapun.

“Ya selama tutup tidak ngapa-ngapain, kalau mau berladang nggak punya lahan. Cuma capek tidur,” ujar Ngadi.

Tak berbeda dengan Ngadi dan Awanto, Warsini juga sangat senang setelah destinasi wisata diizinkan buka. Saat ditemui wajahnya berbinar. Ia sedang menyiapkan udang dan ikan goreng untuk dijual di kawasan Pantai Baron.

“Bisa nyari uang lagi buat kebutuhan hidup dan bayar cicilan kredit,” katanya senang bukan main. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar