Desa Wisata Semakin Dilirik, Pengembangan Terus Dilakukan

oleh -
Pengembangan ekowisata di Desa Wisata Nglanggeran.
kadhung tresno
Pengembangan ekowisata di Desa Wisata Nglanggeran.
Pengembangan ekowisata di Desa Wisata Nglanggeran.

PATUK, (KH)— Geliat desa wisata menyambut libur panjang tahun ini cukup beragam, berupaya memberikan kesan wisata penuh manfaat kepada wisatawan terus digalakkan. Salah satunya dilakukan oleh Desa Wisata Nglanggeran.

Disampaikan Pengelola Desa Wisata Nglanggeran, Sugeng Handoko, pihaknya selain melakukan pengelolaan wisata alam beberapa waktu terakhir menyajikan wisata berkonsep edukasi, sehingga memiliki manfaat ganda, selain menikmati hari libur juga mendapat pengalaman dan ilmu baru.

“Liburan tidak hanya jalan-jalan saja, mendapat ilmu baru dan pengalaman dari konsep Ekowisata berwawasan lingkungan berbasis masyarakat seperti yang kami upayakan dapat diterima wisatawan segmen tertentu,” ujarnya, Selasa, (29/12/2015).

Penjelansannya, Ekowisata memiliki unsur konservasi, Edukasi dan Pemberdayaan masyarakat, seperti pengembangan pertanian, contohnya ilmu teknik menanam sayur Hidroponik di kawasan ekowisata Desa Wisata Nglanggeran bisa didapatkan.

Kedepan, lanjutnya, pengembangan konsep Desa wisata itu, dengan tidak membawa pariwisata yang ada di kota di pindah ke desa, tetapi nilai dan kearifan lokal kehidupan masyarakat sehari-hari, serta unsur edukasi itu menjadi daya tarik di Desa Wisata Nglanggeran.

“Liburan kemarin banyak wisatawan baik rombongan maupun keluarga dari luar kota yang menginap di homestay di desa, mereka menghindari kemacetan dan hiruk pikuk ramainya kota dengan berwisata ke desa wisata, kita juga ada paket untuk tahun baru besok,” pungkasnya. (Kandar)

Komentar

Komentar