Demi Kenyamanan, Dishub Gunungkidul Pasang Belasan Ribu Penerangan Jalan Di Jalur Wisata

oleh -
ilustrasi. sumber: internet.
iklan dispar
ilustrasi. sumber: internet.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Diperkirakan pada Bulan Mei nanti Dinas Perhubungan (Dishub) Gununungkidul mulai melakukan pemasangan  Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di sejumlah ruas jalan menuju destinasi wisata.

Kepala Dinas Perhubungan Gununungkidul, Syarief Armunanto mengatakan, hal tersebut dilakukan demi memberi kenyamanan kepada wisatawan. Sebagaimana diketahui, banyak ruas jalan menuju destinasi wisata dalam kondisi gelap saat malam hari.

“Ada 12.000 LPJU yang akan dipasang. 1.000 LPJU merupakan kewenangan pusat, 2.000 kewenangan propinsi dan sisanya, 9.000 LPJU merupakan kewenangan kabupaten,” rincinya, Kamis, (19/4/2018).

Dijelaskan, jumlah yang dipasang di setiap wilayah kecamatan menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Salah satu prioritas realisasi program ini yakni ruas jalur menuju pantai. Termasuk jalur antar pantai, seperti ruas jalur antara Pantai Indrayanti dan Pantai Sundak.

“Usulan pemasangan lampu tersebut merupakan hasil masukan dari masyarakat melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau (Musrenbang),” terangnya. Usulan tesebut langsung mendapat respon, sebab, menyangkut kenyamanan wisatawan.

Berbicara jauh kedepan, pihaknya tidak menampik kerentanan timbulnya kendala terkait perawatan dan perbaikan. Selain SDM yang dimiliki minim, sarana pendukung yang lain meliputi kendaraan yang ada juga kurang memadai.

Terpisah, sebelumnya Camat Gedangsari, Imam Santosa mengatakan, daerah wisata di wilayahnya yang mulai berkembang membutuhkan sarana LPJU untuk memberikan kenyamanan wisatawan.

“Diharapkan jalur wisata di sektor utara segera dilakukan pemasangan LPJU. Sebab kondisi geografis Gedangsari berupa bukit-bukit sehingga banyak ruas jalan yang naik turun serta gelap membutuhkan perhatian,” jelasnya. (Wibowo)

Komentar

Komentar