Dana 2,1 Miliar untuk Keluarga Miskin Cair

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Dana Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Keluarga Sangat Miskin (KSM) se Kabupaten Gunungkidul tahun 2014 telah cair. Dana tahunan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia tersebut sudah dapat diambil di Kantor Pos di setiap kecamatan.

Kepala Kantor Pos Cabang Gunungkidul Mufti Ismail mengatakan ada 7.509 Keluarga sangat miskin di Gunungkidul yang menerima program itu. Untuk tahap pertama gelombang ke dua atau tahun 2014 dana yang diberikan oleh Kemensos RI senilai 2,1 Miliar.

“Pengambilan kita mulai hari ini hingga 5 Juli mendatang. Untuk melayani masyarakat, kantor pos menyediakan satu loket khusus pencairan dana PKH.” kata Mufti saat ditemui di kantornya, Rabu (2/7/2014).

Dikatakan, untuk pencairan program PKH sengaja diajukan dari jadwal sebelumnya tanggal 12 Juli. Hal tersebut dilakukan karena bertepatan dengan Pilpres. “Kita percepat karena kita tidak mau ada yang mengartikan pembagian uang ini ada indikasinya dengan politik,” katanya.

Mufti memaparkan, di kantor Pos cabang Wonosari ada 366 keluarga sangat miskin yang mulai melakukan pencairan dana tersebut. Menurut data, penerima program PKH terbanyak ada di Kecamatan Semin dan paling sedikit ada di kecamatan Saptosari. “Semin ada 756 KSM dan Saptosari ada 138 KSM,” paparnya.

Ketua Forum Pendamping PKH Gunungkidul Suwiyono menjelaskan, Program PKH menyasar pada rumah tangga sangat miskin  yang masih mempunyai tanggungan menyekolahkan anaknya dan juga mempunyai balita dan ibu hamil. “Nominal setiap penerima nantinya akan berbeda, tergantung jumlah tanggungan,” paparnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk KSM yang mempunyai balita akan diberikan Rp 1 juta, memiliki anak SD Rp 500 ribu dan memiliki anak yang masih sekolah SMP akan diberikan Rp 1 juta setiap tahunnya. “Pemberian bantuan akan diberikan 4 tahap dalam setahun,” jelasnya.

Pada tahap kedua, lanjut Suwiyono, akan diberikan bantuan tetap senilai Rp 300 ribu rupiah kepada masing-masing KSM. Untuk tahap pertama pencairan dilayani di Kecamatan Gedangsari, Nglipar, Karangmojo, Ngawen, Patuk, Ponjong, Semanu, Semin, Tepus, Tanjungsari, Paliyan dan Playen. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar