Dampak Virus Corona, Kunjungan Wisatawan Asing Ke Pantai Timang Anjlok

oleh -
Pengunjung Pantai Timang asal Malaysia sedang berfoto. (KH/ Kandar)
iklan hut ri multazam

TEPUS, (KH),– Pantai Timang yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus merasakan dampak adanya Virus Corona. Wabah yang menjangkit warga China dan negara sekitarnya itu mengakibatkan kunjungan ke Pantai Timang anjlok.

Seperti diketahui, Pantai Timang cukup populer di kawasan asia. Pantai yang memiliki wahana penyeberangan Gondola itu menjadi favorit pelancong yang berasal dari Malaysia, Korea dan China ketika ke Gunungkidul.

Pelaku wisata di Pantai Timang, Wasiman mengatakan, rata-rata penurunan wisatawan asing mencapai 50 persen jika dibanding sebelum adanya virus Corona.

“Biasanya kunjungan turis asing mencapai 600 hingga 700 wisatawan setiap harinya, sekarang berkurang hingga separuhnya,” kata dia, Selasa, (18/2/2020).

Selain daya tarik Gondola dan jembatan gantung penyeberangan, di kawasan pantai yang bertebing curam ini juga memiliki daya pikat lain, yakni olahan lobster.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono, mengaku belum memiliki data riil mengenai penurunan kunjungan wisatawan manca.

“Belum ada datanya,” kata dia. Menurutnya, Gunungkidul memang memiliki potensi besar untuk dikunjungi wisatawan dari luar negeri.

“Gunungkidul masuk dalam Gunungsewu Unesco Global Geopark. Di Gunungkidul terdapat 13 geosite,” terang dia. Setiap tahunnya, ada sekitar 19 ribu hingga 23 ribu wisatawan dari luar negeri berkunjung menikmati destinasi wisata di Gunungkidul. (Kandar)

Komentar

Komentar