Cara Aman Mengamati Gerhana Matahari Total

oleh -
iklan dispar
Melihat langsung gerhana matahari dengan kacamata gerhana. KH/dw.com
Melihat langsung gerhana matahari dengan kacamata gerhana. KH/dw.com

KABARHANDAYANI — Fenomena Gerhana Matahari Total bakal menghias langit Indonesia pada Rabu tanggal 9 Maret 2016. Di kawasan barat Indonesia, gerhana matahari total tersebut diperkirakan terjadi pada pukul 08.30 WIB, sementara di kawasan timur pada pukul 0930 WIT. Fenomena ini tergolong langka karena cuma muncul beberapa tahun sekali. Gerhana matahari total terjadi ketika bulan menutupi seluruh piringan matahari dan menghalangi cahaya sang bintang menyinari Bumi.

Ancaman Terhadap Mata

Menyimak gerhana matahari tanpa alat bantu bisa merusak mata Anda. Karena sinar matahari yang kuat akan membakar retina mata secara cepat dan meyebabkan kebutaan. Ingatlah, kacamata hitam tidak akan melindungi anda dari bahaya gerhana matahari.

Kaca Mata Gerhana

Cara paling murah dan mudah buat mengamati gerhana matahari adalah dengan membeli kacamata gerhana. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan lembaran film negatif sebagai filter. Tapi harus diingat, cuma negatif yang dibuat menggunakan lapisan tipis aluminium atau perak yang dapat digunakan buat menyimak gerhana matahari.

Teropong

Menggunakan teropong tanpa filter untuk melihat gerhana matahari sejatinya sangat berbahaya. Tapi benda ini bisa digunakan untuk menyimak gerhana secara tidak langsung. Caranya dengan menempelkan karton yang telah dilubangi pada ujung lensa, menutup salah satu lensanya dan gunakan karton lain untuk melihat pantulan matahari. Cara lengkap pembuatannya dapat dilihat di berbagai situs di internet.

Proyektor Lubang Jarum

Cara murah lain menyimak gerhana adalah dengan proyektor lubang jarum. Untuk itu anda membutuhkan sebuah kotak karton berbentuk memanjang dan selembar aluminium foil. Caranya buat lubang besar di ujung karton dan tempelkan kertas aluminium yang telah dilubangi dengan jarum. Citra matahari akan terpantul pada ujung lain kotak. Ingat jangan melihat langsung ke arah matahari!

Teleskop

Buat Anda yang telah memiliki teleskop ada baiknya jika anda membeli filter matahari. Karena memantau lewat teleskop adalah cara terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari total. Teleskop juga bisa digunakan buat melihat gerhana secara tidak langsung, serupa seperti teropong.

 

(Red-KH. Sumber: dw.com)

Komentar

Komentar