Bupati Tinjau Langsung Hari Pertama Ujian Nasional

oleh -
Bupati melakukan kunjungan di SMA 2 Wonosari, salah satu penyelenggara UNBK 2016. KH/ Edo
iklan dispar
Bupati melakukan kunjungan di SMA 2 Wonosari, salah satu penyelenggara UNBK 2016. KH/ Edo
Bupati melakukan kunjungan di SMA 2 Wonosari, salah satu penyelenggara UNBK 2016. KH/ Edo

WONOSARI, (KH)— Bupati Gunungkidul, Badingah dan wakilnya, Immawan Wahyudi beserta rombongan melakukan peninjauan langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Tertulis tingkat SMA/SMK sederajat ke sejumlah lembaga sekolah penyelenggara UN, Senin (4/4/2016) pagi.

Kunjungan Bupati tersebut diawali dari SMAN 2 Wonosari, dilanjutkan ke SMK 1 Muhammadiyah Playen dan berakhir di SMA 1 Patuk. Bersama Sekretaris Dikpora Kabupaten Gunungkidul Bahron Rasyid, memantau para siswa dari luar kelas, kemudian meminta keterangan dari pihak sekoloah terkait kendala dan pendistribusian soal UN dan Jaringan internet, juga listrik yang tersedia disekolah penyelenggara UNBK.

“Alhamdulillah sekolah yang saya datangi tidak mengalami permasalahan, baik dari pendistribusian soal UN maupun pelaksanaan UNBK dan UN tertulis sejauh ini berjalan dengan lancar,” kata Badingah.

Ia berharap, nilai ujian nasional yang diperoleh siswa tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Selain itu, sekolah yang belum menerapkan sistem Ujian Berbasis Komputer tahun depan diharapkan dapat melaksanakan UNBK.

“Tinggal menunggu hasilnya, mudah-mudahan nilai ujian siswa tahun ini lebih baik dari tahun lalu, dan sekolah yang melaksanakan UNBK bertambah,” katanya.

Sementara itu Bahron menambahkan, jika UNBK maupun UN tertulis tahun ini semua peserta hadir dihari pertama ujian, ia menuturkan sampai saat ini semua masih berjalan dengan lancar dan tidak ada kebocoran soal. Untuk pelaksanaan ujian yang berbasis komputer saat ini dibagi menjadi 3 kategori waktu.

“Untuk saat pelaksanaan UNBK tahun ini pelaksanaannya dibagi menjadi 3 kategori waktu yaitu sesi pertama dari jam 07:30 sampai jam 09:30, sesi kedua jam 10:30 sampai pukul 12;30 lalu sesi terakhir pukul 14:00 sampai pukul 16:00 WIB,” Jelasnya.

Bahron menuturkan, jika pembagian sesi waktu itu dilakukan karena setiap siswa sebelum mengerjakan soal ujian harus Log In masuk daftar ke server pusat untuk bisa mengerjakan soal UN berbasis komputer. (Edo)

Komentar

Komentar