BUMDes Bejiharjo Terbentuk, Digadang Sejahterakan Warga

oleh -
Pelaksanaan Musdes Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. KH/ Sugeng
iklan dispar
Pelaksanaan Musdes Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. KH/ Sugeng

KARANGMOJO, (KH)— Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bejiharjo, Jum’at malam (10/03/2017) menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Pengesahan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) serta Pemilihan Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Maju Mandiri” Desa Bejiharjo di Pendopo Balai Desa Bejiharjo.

Musdes diikuti oleh 170 peserta yang terdiri dari Camat Karangmojo, Sekcam, Kasi PMD, Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD,LPMD, KPMD, PKK, Karang Taruna, Tokoh/ Elemen Masyarakat (RT, RW, LPMP, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, Difabel, Gapoktan, Pelaku Wisata, perwakilan RTM dan lainnya).

Musyawarah dipimpin dan dibuka oleh Ketua BPD Bejiharjo, H. Bahron Rosyid, SPd MM. Sebagai pengantar Ketua BPD menyampaiakn ucapan terima kasih kepada semua peserta yang telah memenuhi undangan musdes sehingga hajat masyarakat Desa Bejiharjo dapat terpenuhi. Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa sebelum acara musdes ini gelar telah dilakukan beberapa tahapan.

“Sebelum Musdes ini digelar, BPD bersama Pemerintah Desa telah melalui beberapa tahapan. Diawali dengan pembentukan Perdes tentang Pembentukan BUMDes, setelah itu kemudian disusul dengan Perdes tentang Penyertaan Modal, dilanjutkan dengan Pembentukan Tim 21,” terangnya.

Tim 21 inilah yang ditugaskkan untuk merancang AD-ART BUMDes Maju Mandiri yang akan disahkan dalam musdes ini. Tim 21 terdiri unsur Pemerintah Desa, BPD, Lembaga Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Pelaku Wisata. Peserta musyawarah yang memasuki ruangan telah menerima draf hasil rancangan AD-ART untuk dikoreksi bersama sebelum disahkan nantinya.

Dalam sambutannya Kepala Desa Bejiharjo, Yanto berharap Musdes ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan masyarakat semua.

“Dengan turunya hujan di awal acara ini mudah-mudahan pertanda Allah akan memberkahi niat kita warga Bejiharjo untuk membentuk BUMDes,” harapnya.

Drs. Wastana, Camat Karangmojo turut mengucapkan selamat kepada Desa Bejiharjo yang diawal tahun 2017 ini telah membentuk BUMDes. Ia menambahkan bahwa musdes ini merupakan bentuk transparansi Pemerintah Desa dalam membuat peraturan desa, sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi lagi bagaimana jalannya BUMDes kedepan.

“Mudah-mudahan setelah dilantik BUMDes Bejiharjo dapat berjalan untuk kesejahteraan masyarakat Desa Bejiharjo,” harapnya.

Wastana juga menilai bahwa tipologi Bejiharjo adalah tipologi desa maju, yang mestinya lebih mampu mensejahterakan rakyat di banding desa berkembang

Sebelum disahkan, pimpinan musdes meminta para peserta untuk mengoreksi apakah  AD-ART tersebut sudah layak untuk disahkan atau belum. Sujadi,S.Pd.I, Kaur. Tata Usaha dan Umum menambahkan beberapa koreksi pada Pasal 9 ayat 1 dan 2 tentang tata tulis.

Pada pemilihan pengurus BUMDes, ada 3 hal yang dibahas bersama, diantaranya penetapan Penasehat, Badan Pengawas dan Panitia Seleksi Pelaksana Operasional.

“Sesuai Peraturan Desa Nomor 6 Tahun 2016, Penasehat dijabat secara ex-officio oleh Kepala Desa. Siapa saja yang menjadi Kepala Desa secara otomatis akan menjadi penasehat BUMDes,” jelas Bahron kepada peserta musdes.

Badan Pengawas BUMDes Maju Mandiri berjumlah 5 orang yang terdiri dari unsur Perangkat Desa yaitu Jumiya, unsur BPD yaitu Suwardi, S.Pd.MM, unsur Lembaga Kemasyarakatan yaitu H. Gimu, S.Ag. (LMPD), unsur Lembaga Kemasyarakatan yaitu Yudan Hermawan, M.Pd. (Karang Taruna) dan Elemen Masyarakat yaitu Rukino.

Panitia Seleksi Pelaksana Operasional berjumlah 5 orang yang terdiri dari unsur Perangkat Desa yaitu Subardiyo, unsur BPD yaitu Masutama, S.Pd., unsur LPMD yaitu H. Tumidjo, S.Ag., unsur PKK yaitu Suratmi dan unsur Tokoh Masyarakat yaitu Hargo Warsono, M.Pd.

Rakhmadian Wijayanto, AP, Msi, Sekcam Karangmojo turut menyampaikan pesan kepada peserta musdes bila pengurus BUMDes sudah terbentuk akan menerima pendidikan dan pelatihan (diklat) tentang perpajakan, manajemen dan integritas pengelolaan BUMDes di Ponggok, Klaten sebagai BUMDes terbaik nasional. (Sugeng)

Komentar

Komentar