Blangko E-KTP Habis, Disdukcapil Tetap Lakukan Pelayanan

oleh -
Ilustrasi. Foto : Internet
iklan dispar
Ilustrasi. Foto : Internet
Ilustrasi. Foto : Internet

WONOSARI, (KH)— Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul kehabisan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Akibatnya sejak sepekan terakhir, Disdukcapil tidak melayani pencetakan E-KTP.

“Blangko E-KTP habis sehingga saat ini ada tunggakan cetak sebanyak 2430 keping,” kata Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Eko Subiyantoro, Selasa (12/5/2015).

Dia menjelaskan, meski blangko habis, proses pelayanan perekaman terus berjalan. Hanya saja pencetakan E-KTP terhenti dan proses pencetakan masih menunggu kiriman dari pusat.

“Pusat juga belum bisa memastikan kapan blangko e-KTP tersebut akan dikirim,” ujarnya.

Dia mengaku untuk tahun 2015, pencetakan E-KTP masih menggunakan sisa blangko tahun 2014. Tidak hanya di Gunungkidul, habisnya blangko E-KTP juga terjadi di seluruh kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Sebanyak 105.000 keping blangko sudah kita usulkan untuk melaksanakan cetak e-KTP pada tahun 2015,” terangnya.

Sementara jumlah wajib KTP per 1 Mei 2015, tercatat sebanyak 621.752 orang. Sedangkan, sebanyak 538.996 atau 86,69 persen sudah melakukan perekaman dari jumlah penduduk Gunungkidul 749.447 jiwa.

Pantauan di Kantor Disdukcapil Gunungkidul, animo masyarakat untuk melakukan cetak e-KTP setiap harinya cukup banyak. Habisnya stok blangko tersebut tidak mempengaruhi pelayanan yang ada. (Juju)

Komentar

Komentar