Bis Perintis Membantu Siswa yang Kesulitan Transportasi Sekolah

oleh -
Para pelajar naik bis sekolah. Foto : Atmaja
iklan dispar
Para pelajar naik bis sekolah. Foto : Atmaja
Para pelajar naik bis sekolah. Foto : Atmaja

WONOSARI, (KH) — Bis Perintis yang dioperasikan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Gunungkidul membantu beberapa siswa di wilayah Gunungkidul untuk pergi ke sekolah. Mulai dari siswa Sekolah Dasar (SD) hingga Siswa Menengah Atas (SMA) terbantu adanya bus tersebut.

Dishubkominfo mengoperasionalkan armada bis perintis di beberapa tempat yang belum terdapat trayek angkutan umum. Terdapat dua bis perintis yang beroperasi di dua jurusan, yakni jurusan Wonosari-Gedangsari yang melewati Sambipitu dan Wonosari – Sokoliman melewati Grogol.

“Beroperasinya dua armada tersebut untuk membantu siswa sekolah yang akan berangkat maupun pulang sekolah agar bisa¬† menggunakan bis tersebut secara gratis,” ucap Kuncoro, Kabid Transportasi Dishubkominfo. Selasa, (07/04/2015).

Ia menjelaskan, kapasitas tempat duduk pada Bis Perintis Dishubkominfo terdapat 20 tempat duduk. Meski hanya terdapat 20 tempat duduk, namun bis tersebut selalu penuh karena banyak pelajar yang tidak mendapatkan tempat duduk, dan rela untuk berdiri.

“Bis Perintis Wonosari-Sokoliman beroperasi mulai pukul 06.00 dan 06.30 WIB dan siang pada pukul 12.00 WIB. Sedang bis perintis Gedangsari beroperasi sekitar pukul 06.15 WIB dan 13.00 WIB untuk siang harinya,” ujar Kuncoro.

Dishubkominfo saat ini juga sedang melakukan pengkajian ulang terhadap trayek angkutan umum yang beroperasi di Gunungkidul. Hal ini dilakukan untuk mengatur kembali trayek, karena terdapat beberapa trayek yang dirasa tidak berada pada jalur penumpang.

Ia menambahkan, sebelum adanya trayek umum yang masuk di dua trayek tersebut, bis perintis tetap akan beroperasi. “Jika sudah ada perkembangan untuk trayek umum beroperasi, bis perintis akan ditarik dan ditempatkan ke daerah lain yang dirasa sangat membutuhkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Mugiyono warga Padukuhan Grogol Bejiharjo mengaku, adanya bis perintis sekolah cukup membantu anak untuk pergi maupun pulang sekolah. Bis Perintis juga membantu warga dalam pengeluaran setiap harinya.

“Juga membantu anak sekolah tepat waktu dan tidak terlambat karena bis tersebut melintas pada jam 06.00 dan 06.30 pagi,” ucap Mugiyono. (Atmaja)

Komentar

Komentar