Bibit Kerapu Tikus Dilepas di Pantai Wediombo

oleh -
iklan dispar

GIRISUBO, kabarhandayani,– Dinas Kelautan dan Perikanan DIY melepas sekitar 1.680-an ekor bibit ikan kerapu tikus di Pantai Wediombo. Pelepasan ikan ini dilakukan guna peningkatan stock sumberdaya perikanan.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Dr Andung Prihadi menjelaskan, ikan kerapu tikus ini akan berkembang biak dalam waktu tujuh bulan dan siap dikonsumsi. “Saya berharap Pokmaswas Wediombo dapat ikut mengawasi perkembangan ikan yang ditebar ini.  Ikan Kerapu ini memiliki kecocokan dengan habitat alami di pantai Wediombo yang penuh dengan karang,” jelasnya.
Dalam penjelasan lanjutnya,  Andung berharap bahwa penebaran benih ikan kerapu akan dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar. “Ikan kerapu tikus ini di pasaran harganya sangat mahal jika siap konsumsi,” tambahnya.
Selain di Pantai Wediombo, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY juga menebar bibit ikan yang sama inii di pantai Siung dan Pantai Drini. “ Kita menebar di Wediombo, Siung dan Drini. Jumlah ikan kerapu yang kita sebar totanya sekitar 4.500an ekor,” jelas Tonny H Susanto, Kasie Pengawasan SDE Dinas.
Tonny menambahkan, bahwa Pantai Siung dan Pantai Drini masing masing mendapat 7 koli atau sekitar 1500-an ekor. Khusus Wediombo mendapat 8 koli atau sekitar 1.680-an ekor. Ia menjelaskan bahwa Dinas memperoleh benih ikan kerapu tikus tersebut dari Situbondo Jawa Timur.
Kegiatan tebar benih ini sudah dilakukan beberapa kali dan tidak di satu tempat. Selain ikan kerapu, Dinas Kelautan dan Perikanan juga pernah menebar losbster. Dinas berharap, semakin banyaknya stock ikan di laut bisa dimanfaatkan dan didayagunakan masyarakat sekitar pesisir pantai. (Heri Purnomo/Jjw).

Komentar

Komentar