Berkah Ramadhan bagi Masyarakat Desa

oleh -
iklan dispar

PALIYAN, kabarhandayani,– Bulan Ramadhan mungkin telah usai, namun berkatnya tetap terasa oleh Mariyam warga Desa Giring Paliyan. Pasalnya Mariyam mendapatkan berkah tersendiri dari bulan Ramadhan tahun ini. Mariyam yang merupakan putra ragil dari almarhum Marso Pawiro diberikan modal guna mengembangkan usahanya oleh kakak pertamanya, Wasdi, yang bermukim di Batam.
Mariyam yang mempunyai dua orang anak ini mengaku harus menambah usaha sampingan agar mampu mencukupi kebutuhan keluarga. Setelah anak pertamanya sudah lulus sekolah dan bekerja, kini Mariyam bersama keluarganya fokus menyekolahkan anak ke-duanya.
Mariyam dan keluarga diketahui mempunyai usaha sampingan budidaya lele di halaman belakang rumahnya. Usaha ini dipilih karena sewaktu-waktu lele bisa dijadikan menu makanan agar mengurangi pengeluaran keuangan. Sifat ikan lele yang kebal akan hama penyakit menjadi alasan usaha tersebut dipilih. Mariyam sudah mendapatkan hasil setelah panen pertamanya. “Saat penjual sayur keliling tidak datang, lele yang sudah dewasa dijadikan menu makanan keluarga,” katanya. Selasa (05/08/2014).
Kepada KH, Mariyam mengungkapkan saat Wasdi yang berada di perantauan datang, kemudian melihat ke belakang pekarangan rumahnya. Wasdi  melihat beberapa kolam terpal yang digunakan untuk budidaya ikan lele. Dari situ Wasdi melihat potensi budi daya lele, dan memberikan dana juga bantuan berupa pemasangan air PAM di rumah orang tuanya tersebut.
“Kami sudah memelihara 3000 lele dan sudah berjalan 6 bulan ini. Hasilnya cukup untuk memenuhi kehidupan di desa. Saya menghubungi pakdenya, kalau pulang akan dibuatkan pecel lele. Namun saya tidak mengira pakde mempunyai rencana seperti ini, dengan memberi modal untuk menambah bibit dan memasang air PAM di rumah.” Bantuan ini sangat membantu keluarga terutama dalam mengembangkan ekonomi keluarga,” ungkapnya.
Mariyam menambahkan, kedepannya Wasdi akan bekerja sama dengannya dalam bidang lain. “Pakde masih mempunyai rencana ke depan guna investasi jangka panjang, namun untuk saat ini, saya dan keluarga diminta untuk mengelola budidaya lele ini,” imbuhnya.(Atmaja/Tty).

Komentar

Komentar