Bejiharjo Gelar Atraksi Kesenian Sebagai Daya Tarik Wisata

oleh -
iklan dispar

KARANGMOJO, kabarhandayani.– Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul gelar atraksi kesenian Kamis (26/06/14). Desa Bejiharjo tuan rumah pelaksanaan atraksi kesenian sebagai daya tarik wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan Desa Budaya Bejiharjo serta gabungan seniman dan seniwati Kabupaten Gunungkidul.

Hargo Warsono selaku ketua desa budaya Desa Bejiharjo menjelaskan, tujuan diselenggarakannya acara ini adalah sebagai sarana untuk meningkatkan daya tarik wisata di Bejiharjo khususnya wisatawan gua pindul yang saat ini sebagai potensi wisata utama di Bejiharjo. Selain itu acara ini juga diselenggarakan dalam rangka memberikan wadah untuk budaya lokal sebagai tempat untuk mengekspresikan diri dalam bentuk seni tradisional.

Acara ini menyajikan sejumlah kesenian tradisional yaitu tari Reog dari dusun Ngringin, Bejiharjo yang pentas pada pukul 16.30 WIB di depan balai Desa Bejiharjo. Pementasan tarian ini menarik simpati warga masyarakat lokal dan juga wisatawan terbukti dengan banyaknya penonton yang berkumpul melihat pagelaran tersebut.

Wedhar, sebagai pemain reog dari ngringin, Bejiharjo menuturkan, “Sebagai generasi muda, saya senang bisa ikut melestarikan kesenian tradisional khusunya tarian reog dari padukuhan saya sendiri, apalagi ketika dari pemerintah desa pun juga turut mendukung dengan memberikan kesempatan bagi kami untuk mengekspresikan diri,” katanya.

Selain acara yang telah diselenggarakan sore tadi, masih akan dilanjutkan pementasan kesenian Sodron, dari Grogol I, Bejiharjo mulai pukul 19.30 malam ini di Balai desa Bejiharjo. Kemudian dilanjutkan pementasan tari Golek ayun-ayun dan sebagai acara penutup pementasan sendratari Ramayana persembahan dari Seniman dan Seniwati Gunungkidul bekerjasama dengan Desa Budaya Bejiharjo. (Marisa/Hfs)

Komentar

Komentar