Baznas dan Ikaragil Melakukan Kegiatan Bedah Rumah

oleh -
kadhung tresno

PLAYEN, (KH) — Sebanyak 12 rumah tidak layak huni menjadi sasaran program bedah rumah yang digagas oleh Ikatan Anak Rantau Gunungkidul (Ikaragil). Dengan dukungan dari Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Gunungkidul pelaksanaan program tersebut tengah berjalan.
Bupati Gunungkidul bersama beberapa pengurus Bazda dan Ikaragil Senin, 20/10/2014 mengunjungi lokasi rumah yang sedang dibangun sekaligus penyerahan kunci bagi yang sudah jadi. Disampaikan pembina Ikaragil Korwil Yogyakarta Suwarno SH, bahwa pelaksanakan bedah rumah dibagi dalam dua tahap.
“6 rumah kita target selesai dalam 10 hari, baru setelahnya sisanya,” katanya. Enam lokasi pertama berada di Padukuhan Suruh Desa Hargomulyo Gedangsari, Kepil Bandung Playen, Manggul Karangasem Paliyan, Mendak Kanigoro Saptosari, Winangun Purwodadi Tepus, lalu Ngreco Rejosari Semin.
Ditambahkan olehnya, sebelumnya telah dilakukan survei terhadap rumah-rumah tersebut dengan beberapa pertimbangan, bahwa rumah memang tidak layak huni, bahkan reot dan atau membahayakan penghuninya. “selain itu, pemilik memang merupakan warga dengan ekonomi lemah, sehingga tak mampu untuk memperbaiki tempat tinggalnya,” Imbuhnya.
Suwarno menyampaikan bentuk kerjasama program bedah rumah bersama Bazda, Dana bedah rumah berasal dari Bazda dengan alokasi untuk tiap rumah sebesar Rp 10 juta. Dalam program ini Ikaragil bertindak sebagai pelaksana operasional, dimulai sejak pendataan rumah, survei kelayakan, juga pada pelaksanaan pembangunan hingga selesai.
Penggunaan dana untuk tiap rumah dibagi menjadi dua, untuk pembelian material dan upah tenaga rehab. Jika warga sasaran dinilai benar-benar miskin, tim bedah rumah Ikaragil memberikan tambahan bantuan lain, seperti tempat tidur dan paket sembako.
Atas terlaksananya program ini, ungkapan terimakasih disampaikan oleh Ikaragil Korwil Yogyakarta kepada Bupati Gunungkidul dan Pemda, karena melalui Bazda telah bersedia melakukan kerjasama dalam bentuk kegiatan sosial.
“Ucapan terimakasih yang sedalam-dalamnya kami sampaikan kepada Bazda Gunungkidul, kiranya progam ini sangat bermanfaat. Akan terus kita nantikan kerjasamanya di kegiatan sosial mendatang, kita juga akan ajukan ke Baznas pusat untuk bedah 100 rumah,” pungkas Suwarno.(Kandar/Tty)

Komentar

Komentar