Atlet Sepatu Roda Gunungkidul Harumkan Indonesia

oleh -
kadhung tresno

WONOSARI, kabarhandayani.– Kabupaten Gunungkidul diam-diam memiliki atlet sepatu roda yang sudah malang melintang hingga manca negara. Meski Gunungkidul tidak memiliki venue sepatu roda, atlet ini telah menjadi pemain sepatu roda yang mampu mengharumkan nama Indonesia.
Ia adalah Agus Prasetyo (25), warga Gatak, Desa Gari, Wonosari. Kecintaan Agus pada sepatu roda muncul saat dia mengikuti latihan sepatu roda yang kala itu biasa dilaksanakan di komplek kantor Pemkab Gunungkidul.
“Pertama kali belajar sepatu roda dulu di depan Masjid Al-Ikhlas, waktu masih duduk di Sekolah Dasar (SD). Gunungkidul dulu memiliki klub sepatu roda yang diberi nama Candi Putra, setiap pulang les pasti saya latihan di sana,” kata Agus, Selasa (9/9/2014).
Agus menjelaskan berbagai event internasional seperti Kejuaraan Japan Open, All Inline Cup China pernah dia ikuti. Putra pasangan Sukardi dan Siyamsi ini mengaku ingin sekali kembali membawa dan mengangkat nama Gunungkidul melalui olahraga sepatu roda.
“Jika masih ada kesempatan pengen banget ikut Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan bawa nama Gunungkidul,” ungkapnya.
Menurut Kasun sapaan akrabnya, menjadi seorang atlet bukan cita-cita yang dia impikan. Alumni SMKN 2 Wonosari ini mengaku tidak pernah menyangka sepatu roda akan membawanya mengharumkan nama Indonesia.
Agus berharap, di Kabupaten Gunungkidul dibangun arena skate park, agar masyarakat yang mempunyai hobi olahraga sepatu roda bisa menyalurkan hobinya. “Sekarang membahayakan jika harus bermain sepatu roda di kawasan pemkab, jalannya udah ramai,” katanya.
Meski menjadi atlet, Kasun tidak pernah meninggalkan pentingnya pendidikan. Kini penyuka sambel bawang ini tetap melanjutkan pendidikanya di AA YKPN Yogyakarta. “Semaksimal mungkin saya tetap melanjutkan kuliah, meski banyak cutinya, harus terbang Jakarta-Yogyakarta,” ucapnya.
Dalam perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas), Kasun mengajak seluruh masyarakat untuk mengingat kembali pentingnya olahraga di masyarakat. “Olahraga sangat penting bagi tubuh kita, olahraga juga mampu menyatukan semangat bangsa,” pungkas dia. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar