Ari-Ari Kucing Dijual Online, Netizen: Ditepung Sajiku Kayaknya Enak

oleh -
kucing
Postingan plasenta kucing dijual. (KH)

WONOSARI, (KH),– Group jual beli Facebook di Gunungkidul heboh gara-gara barang yang ditawarkan pelapak tergolong langka. Tak Cuma langka, barang dagangan yang dijual membuat netizen terheran-heran. Kalau pelapak kebanyakan menjual gadget, busana, elektronik dan aneka makanan, akun Facebook Sulis Treposs menawarkan Ari-ari kucing atau plasenta sisa beranak.

Sontak, dalam hitungan satu jam, anggota group jual beli membanjiri kolom komentar. Ada yang menyahut heran, berkomentar kocak, namun ada pula yang bijak.

“Ari kucing baru 3 hari lokasi Gunungkidul, yg minat hubungi…,” tulis Sulis Treposs, Sabtu, (20/11/2021). Dalam postingan dilampiri foto plasenta. Ada empat olesan plasenta mirip selai. Pelapak tak menyematkan harga plasenta yang dijual itu.

Dari sekian ratus komentar, salah satu akun, bijak memberi nasehat. “Disimpan saja om. Soalnya jarang yang dapat kayak gitu,” tulisnya.

“Ditepung sajiku kayane enak,” timpal warganet yang lain yang disambung emoticon tertawa.

Ada pula yang memberi saran sekaligus menyindir si pelapak agar lebih realistis dan mengikuti perkembangan dunia modern. “Mas, ini sudah era 5G lo, kamu masih mainan yang nggak jelas gitu,” tulisnya.

KH berusaha mengubungi pelapak. Melalui chat messenger pertanyaan dibalas. Meski tidak detail, pelapak mengaku berdomisili di seputar Jalan Baron.

“Satunya Rp750.000. kalau soal manfaat cek saja Youtube,” balasnya saat ditanya harga plasenta yang dijual. Harga yang tinggi disebut sepadan dengan segudang manfaatnya. Tentu saja, khusus bagi yang memnpercayainya.

Dalam mitologi, keyakinan adanya manfaat yang akan diperoleh seseorang jika menemui plasenta kucing beranak memang ada. Pendamping Kalurahan Budaya Kundha Kabudayan Yogyakarta, Ahid pun mengakuinya.

“Memang ada yang percaya. Mitos di masyarakat, jika seseorang menemui dan menyimpan plasenta kucing setidaknya akan mendapatkan 3 manfaat,” ujarnya, Minggu (21/11/2021) malam.

Pertama, lanjutnya, Ari-ari kucing akan memudahkan seseorang meraih prestasi kerja. Termasuk melanggengkan dan meningkatkan karir. Yang ke-dua, seseorang yang menyimpannya memperoleh kemudahan mendapatkan rezeki.

“Yang ke-tiga berkaitan dengan inner beauty atau kecantikan dari dalam. Mendukung kebaikan sikap dan tindak-tanduk seseorang. Ia juga berkarisma. Nah, ini yang utama,” ulasnya.

Ahid melanjutkan, bagi yang menemui tidak elok jika berniat menjualnya. Bagi yang yakin, benda tersebut umumnya dijadikan simpanan dan dirahasiakan.

Teknik cara menyimpan dijelaskan, umumnya plasenta kucing tersebut dimasukkan dalam guci atau gelas kaca bening yang sebelumnya telah diberi cairan pengawet. Biasanya alcohol atau air raksa.

“Ada yang menyimpannya di almari atau ruang privasi keluarga. Di wilayah lain, keyakinan mengenai manfaat plasenta kucing ini mirip dengan kepercayaan terhadap rantai babi,” tukas Ahid. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar