Anggota Dewan Ini Berqurban Sapi Berbobot 1 Ton di Tanah Kelahirannya

oleh -
Qurban
Sapi 'Rudi', hewan qurban berbobot 1 ton yang dibeli anggota DPRD Gunungkidul, Timbul Suryanto untuk disembelih di tanah kelahirannya di Kapanewon Panggang, Gunungkidul. (Ist)

GUNUNGKIDUL, (KH),— Seekor Sapi jenis Metal Super bakal diqurbankan pengusaha Properti Gunungkidul Timbul Suryanto di tanah kelahirannya di Padukuhan Temuireng, Kalurahan Girisuko, Kapanewon Panggang. Sapi berbobot kurang lebih satu ton telah dibeli dari seorang peternak asal Padukuhan Munthuk, Kalurahan Mulusan, Kapanewon Paliyan.

Pemilik Sapi Metal Super bernama Kamari mengatakan, Sapi tersebut dipeliharanya sejak 3 tahun yang lalu. Sapi yang dinamai Rudi ini merupakan satu dari sepuluh hewan peliharaan miliknya. Dia mengaku bahwa mendapatkan bibit unggul ternak dari seorang petani.

“Kalau bobotnya sekitar kurang lebih satu ton,” terang Kamari saat ditemui di rumahnya, Senin, (26/06/2023).

Dia menjamin bahwa Sapi peliharaan miliknya tersebut terjaga kebersihan maupun kesehatannya. Pakan maupun ‘komboran’ (minuman) yang diberikan kepada hewan ternaknya juga sangat berkualitas.

“Kuncinya konsisten setiap hari diberi makan dan minum dua kali. Hijauan pakan ternak berupa rumput gajah dan komboran pelet,” imbuhnya.

Selain makanan dan kebersihan, kesehatan Sapi milik Kamari selalu rutin diberikan obat-obatan hingga vaksin dari Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul. Si Rudi yang laku dibeli oleh Timbul Suryanto ini disebut Kamari merupakan maskot (Sapi terbesar) dibandingkan sapi lain yang ia pelihara.

“Ya sedih campur bahagia karena Sapi ini hewan peliharaan kesayangan saya. Tapi karena akan diqurbankan untuk masyarakat ya kami bersyukur semoga dapat bermanfaat,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur PT STS (Sudibyo Timbul Sukses) sekaligus anggota DPRD Gunungkidul Timbul Suryanto mengatakan, Sapi yang diqurbankan tersebut diatasnamakan keluarga besarnya. Meskipun Sapi tersebut memiliki berat kurang lebih Satu Ton, namun dia enggan merinci harga Sapi bernama Rudi itu.

Dia berharap agar Sapi Qurban ini dapat dimanfaatkan dagingnya oleh warga masyarakat Padukuhan Temuireng, Kalurahan Girisuko, Kapanewon Panggang.

“Semoga manfaat dan barokah untuk saudara-saudaraku semuanya,” tukasnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar