Alumni Fakultas Kehutanan 96 UGM Salurkan Air Bersih ke Gunungkidul

oleh -5385 Dilihat
oleh
air
Penyaluran air bersih dari Alumni Fakultas Kehutanan UGM bagi warga Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. (KH/ dok, Fak. Kehutanan 96 UGM)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Musim kemarau panjang dan kering yang mendera Gunungkidul akhir-akhir ini telah mulai memberikan dampak yang serius bagi warga setempat. Hal tersebut membuat alumni Fakultas Kehutanan 1996 Universitas Gadjah Mada (UGM) membantu warga Gunungkidul menghadapi krisis air bersih.

Menurut Sub Koordinator Logistik dan Peralatan Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul, Arief Prasetyo Nugroho, sebanyak 16 dari 18 kapanewon di wilayah Gunungkidul telah mengajukan permohonan bantuan air bersih kepada Pemda Gunungkidul melalui BPBD. Kendati begitu, keterbatasan sumber daya dan dana mengharuskan pemerintah daerah menghimbau masyarakat agar ikut berperan dalam penyediaan air bersih.

Pada tanggal 12 September 2023, alumni Fakultas Kehutanan 1996 UGM memulai aksi sosial. Mereka berkolaborasi dengan Panitia Dies Natalis Fakultas Kehutanan UGM ke-60 untuk menggalang donasi air bersih bagi warga Gunungkidul yang membutuhkan.

Hasilnya sungguh mengesankan, mereka berhasil mengumpulkan sebanyak 65 tangki air bersih yang siap disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Hari Sabtu, 23 September 2023 baksos air bersih dimulai. Perwakilan alumni Fakultas Kehutanan 1996, di bawah koordinasi Sumardamto Purnomo dan M. Navis Rofii, menyerahkan bantuan air bersih kepada warga Padukuhan Sureng 1 dan Sureng 2 di Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus. Selama ini, warga Padukuhan tersebut mengandalkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Sehingga, pada kemarau kali ini, bantuan yang disalurkan datang tepat pada waktunya.

Pada pelaksanaannya, alumni Fakultas Kehutanan 1996 UGM bekerjasama dengan BPBD Gunungkidul. Sebanyak 40 tangki air bersih diserahkan kepada warga di Sureng 1 dan 2.

Selain itu, 25 tangki air bersih lainnya akan segera disalurkan ke Kapanewon Ponjong dan Gedangsari.

Aksi sukarela yang dilakukan oleh alumni Fakultas Kehutanan 1996 UGM menjadi contoh nyata bahwa kekuatan solidaritas dan kepedulian dapat menolong dan membantu sesama mengatasi kesulitan sesama. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar