Kandang Ternak Berisi 1 sapi dan 6 Kambing Terbakar

oleh -1152 Dilihat
oleh
kandang
Upaya pemadaman kebakaran kandang ternak di Playen, Gunungkidul. (dok. Damkar Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Musibah kebakaran menimpa warga Wiyoko Tengah, Plembutan, Playen, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (16/10/2024) pagi. Dua kandang ternak milik Sagimin terbakar hingga habis.

Petugas Damkar, Dwi S menginformasikan, akibat insiden tersebut ternak yang dipelihara korban ada yang turut terbakar. Namun beruntung ternak-ternak itu masih hidup. Adapun jumlah ternak yang dipelihara korban berupa 1 ekor sapi dan 6 kambing.

Dwi menyebut, dari hasil penelusuran terbakarnya kandang akibat api yang sengaja dibuat oleh pemilik merembet ke tumpukan kayu di sekitar kandang.

“Malam sebelumnya pemilik kandang membuat perapian untuk mengusir serangga dan menghangatkan ternak. Api ternyata masih menyala hingga dini hari,” terang Dwi.

Api yang tertiup angin pun merembet ke tumpukan kayu kering di sekitar kandang. Api lantas membesar membakar kandang ternak pada pagi harinya. Warga yang mengetahui terjadi musibah segera membantu korban yang berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Dia menambahkan, laporan yang disampaikan warga masuk ke UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul sekitar pukul 05.00 WIB. Petugas segera menuju ke lokasi guna memadamkan api.

“Ternak sudah dievakuasi, bangunan kandang hangus atau habis terbakar. Prediksi kerugiannya mencapai Rp10 juta,” tukas Dwi. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar