6,2 M Rupiah MP3KI untuk Kurangi Kemiskinan Saptosari

oleh -
iklan dispar
SAPTOSARI, kabarhandayani.– Program dalam rangka mengatasi kemiskinan berupa Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan di Indonesia (MP3KI) yang di alokasikan untuk Kecamatan Saptosari segera direalisasikan. MP3KI merupakan program yang dirancang dalam upaya mensinergikan dengan program MP3EI (Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia).
Jarot Hadi Atmojo, S.IP, M.Si Camat Saptosari melalui Suhut Hudi selaku Penanggung Jawab Operasional Kegiatan  (PJOK) MP3KI Kecamatan Saptosari menyampaikan bahwa di Kabupaten Gunungkidul Kecamatan Saptosari termasuk memiliki angka kemiskinan cukup tinggi sehingga mendapat alokasi dana APBN melalui MP3KI.
Ia menjelaskan ada enam program kegiatan yang akan dilaksanakan sebagai realisasinya, di antaranya; pembangunan rest area di perbatasan Desa Kepek dan Jetis dan penataan kawasan wisata Pantai Nguyahan Desa Kanigoro, lalu pembukaan dan cor rabat beton jalan poros desa antara Desa Monggol menuju Desa Planjan.
Kemudian yang ke tiga pembangunan kios desa di Desa Jetis, penataan kawasan wisata Pantai Ngedan di Desa Krambilsawit, serta pembukaan jalan dan cor rabat beton antara Desa Ngloro dan Desa Kepek.
“Sebagian besar akan kita fokuskan ke bidang pariwisata, di Saptosari sendiri ada 15 pantai, sementara baru 5 pantai yang memiliki akses jalan untuk masuk,” ujarnya. Menurutnya, sektor kepariwisataan yang paling strategis untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat saptosari.
Dana sebesar 6,2 M rupiah akan direalisasikan dengan sistem swakelola, baik dari awal penggarapan hingga sampai pada operasional pemanfaatan sarana menggunakan tenaga dari daerah setempat, dengan begitu akan menyedot banyak lowongan pekerjaan.
Ia menambahkan, selain di setiap tahapan pelaksanaan program mampu membuka lapangan pekerjaan, pasca pembangunan pun diperuntukkan untuk masyarakat. Seperti, penataan pantai dapat membuka peluang untuk mengembangkan kewirausahaan, serta pembangunan rest area nantinya juga sebagai tempat pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM), dan penjualan kerajinan dari seluruh desa di Kecamatan Saptosari.
“Semoga dengan adanya program MP3KI dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, angka kemiskinan di Saptosari menurun, sehingga apa yang menjadi tujuan program tersebut tercapai,” harapnya. (Kandar/Hfs)

Komentar

Komentar