Hardiknas: Pemerintah Harus Membawa Masyarakat Menjadi Cerdas

oleh
Upacara bendera peringatan Hardiknas di Gunungkidul. KH/ Wibowo.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Pemerintah mempunyai kewajiban mewujudkan fungsi pendidikan yakni membawa masyarakat menjadi cerdas. Selain itu juga membentuk masyarakat berbudaya, mandiri serta sejahtera.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disidkpora) Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rosyid usai mengikuti upacara peringatan Hardiknas di Alun-ALun Wonosari, Rabu, (2/5/2018).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Pendidikan Nasional di Gunungkidul diperingati dengan upacara bendera yang dilaksanakan di Alun-alun kota Wonosari. Kegiatan tersebut dihadiri bupati, muspida, muspika, guru dan pelajar.

“Empat hal fungsi pendidikan tersebut juga merupakan visi dan misi bupati Gunungkidul,” ujar Bahron Rosyid. Instansinya memiliki fungsi pokok dalam menyelenggarakan tugas pemerintah tersebut.

Menurutnya, Peneguhan fungsi pendidikan merupakan tanggung jawab pemerintah dan melibatkan semua pihak mulai dari siswa, guru, orang tua murid, maupun pengawas.

Sementara itu, Sekda Gunungkidul, Drajat Ruswandono bersamaan dengan momentum Hardiknas tahun ini meminta agar Disdikpora melakukan MoU dengan akademisi untuk melakukan berbagai pelatihan atau sharing tentang perkembangan teknologi.

Hal tersebut dinilai penting dilakukan sebagai bentuk antisipasi antisipasi bersama merespon kemajuan teknologi informasi yang pesat.

Sebab, di luar dampak positif, dampak negatif dari kemajuan teknologi yang membuat pesatnya informasi tersebar sangat berbahaya bagi pelajar atau generasi penerus.

“cepatnya informasi melalui perkembangan teknologi tidak hanya memberikan dampak positif namun juga dampak negatif,” jelasnya. (Wibowo)

Komentar

Komentar