Animo Menurun, Jumlah Minimal Pendaftar Panwascam Dua Kecamatan Belum Terpenuhi

oleh
Rini Iswandari. (KH/ Kandar)

WONOSARI, (KH),– Animo Masyarakat menjadi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) menurun. Hal tersebut nampak dari jumlah pendaftar panwascam pada pelaksanaan Pilkada 2020 Gunungkidul. Meski disediakan waktu pendaftaran selama 7 hari namun jumlah pendaftar belum sesuai harapan.

Ketua Pokja Penerimaan Panwascam Bawaslu Gunungkidul, Rini Iswandari. S.Pd mengatakan, hingga hari terakhir pendaftaran, Selasa, (3/12/2019) petang jumlah pendaftar ada 167 orang. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibanding pada perekrutan Panwascam pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 lalu.

“Dari keseluruhan pendaftar sebarannya tidak merata. Ada dua kecamatan belum mencapai jumlah minimal pendaftar,” kata Rini.

Dua kecamatan yang pendaftarnya belum memenuhi jumlah minimal diantaranya Kecamatan Purwosari dan Kecamatan Ngawen. Masing-masing kecamatan tersebut hanya ada 5 pendaftar. “Seharusnya minimal ada 6 pendaftar untuk tiap kecamatan,” imbuh Rini.

Jika hingga malam nanti pukul 24.00 WIB dua kecamatan tersebut belum juga terpenuhi jumlah minimal pendaftarnya maka akan dilakukan perpanjangan masa pendaftaran. Bawaslu akan menyediakan perpanjangan waktu pendaftaran selama 5 hari, yakni tanggal 6 hingga 10 Desember 2019.

Mengenai sedikitnya jumlah pendaftar tersebut Rini menduga karena beberapa faktor, salah satunya momentum perekrutan berbarengan dengan pendaftaran CPNS. Faktor lain yang terungkap, banyak masyarakat yang pesimis untuk ikut mendaftar karena beranggapan bahwa mantan Panwascam yang saat ini kembali mendaftar akan lebih berpeluang lolos seleksi. “Perlu diketahui kami seleksi lagi secara profesional,” tandas Rini. (Kandar)

Komentar

Komentar