Wisatawan Pantai Ngrenehan dan Ngobaran Saat 1 Sura Berkurang

oleh -
iklan dispar

SAPTOSARI,(KH)— Bertepatan dengan datangnya Tahun Baru 1 Muharram 1436 H yang jatuh pada Sabtu kemarin, (25/10/2014), beberapa destinasi wisata pantai di Gunungkidul melaksanakan adat tradisi sedekah laut. Berbagai hiburan juga digelar untuk menyemarakkan ritual tahunan tersebut.
Seperti di Pantai Ngrenehan, setelah prosesi labuhan, juga digelar pertunjukan kesenian campur sari, kemudian pada malam harinya di tempat yang sama pula pagelaran wayang kulit dilaksanakan sebagai penutup rangkaian acara. Di pantai tersebut hari itu juga digelar kesenian hathilan guna menghibur warga dan wisatawan pengunjung pantai.
Mangun, tokoh warga Ngrenehan menyampaikan, seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan swadaya nelayan dan pedagang. “Keseluruhan biaya pelaksanaan kegiatan mencapai Rp 35 juta. Dana tersebut berasal dari kelompok nelayan Upaya Mina dan pedagang,” ujarnya.
Ia menjelaskan, para nelayan setiap hari menyisihkan hasil melaut untuk dijadikan kas kelompok. Penggunaan dana yang terkumpul tersebut untuk berbagai macam kegiatan, seperti halnya untuk kegiatan suranan. “Jika dana yang terkumpul belum mencukupi nelayan dan pedagang mengadakan iuran tambahan,” tambahnya.
Meskipun atraksi kesenian telah digelar setelah tradisi labuhan, ternyata jumlah pengunjung pantai lesu. Sudaryono, salah seorang petugas pemungut retribusi Pos TPR Ngrenehan menyatakan, dibanding acara Suranan tahun lalu, jumlah pengunjung dinilai turun mencapai 25%.
“Sampai jam 13.00 WIB ini baru masuk sekitar 215 wisatawan. Ramainya di lokasi pantai hanya didominasi masyarakat lokal saja, mereka tidak kita tarik karcis,” ujar Sudaryono.
Ia secara sekilas menghitung, pengunjung didominasi ratusan sepeda motor, mobil pribadi berjumlah puluhan, sedangkan bus ¾ dan besar tak lebih dari sepuluh. Ia menduga banyaknya pilihan destinasi wisata pantai mengakibatkan jumlah pengunjung ke Ngrenehan, Ngobaran dan Nguyahan menurun. (Kandar/Jjw).

Komentar

Komentar