Wisatawan Menyerbu, Sampah Meningkat 6 kali Lipat

oleh -
Sampah di pantai. Foto : Kandar
iklan dispar
Sampah di pantai. Foto : Kandar
Sampah di pantai. Foto : Kandar

TANJUNGSARI, (KH) — Aktifitas wisatawan yang datang di sejumlah kawasan pantai selatan Gunungkidul, selain untuk menikmati indahnya pantai, bermain ombak, tidak ketinggalan menikmati kuliner di resto atau kedai kuliner yang telah tersedia hampir diseluruh bibir pantai.

Tidak sedikit rombongan yang datang, membawa sendiri bekal makanan untuk dinikmati setelah bemain dengan ombak pantai selatan. Aktifitas ini mengakibatkan jumlah sampah yang ditimbulkan, meningkat tajam.

Peningkatannya dibanding hari biasanya mencapai enam kali lipat. Hal ini membuat petugas pengangkut lebih ekstra dalam bekerja. Disampaikan Kepala bidang pengembangan produk wisata Disbudpar Gunungkidul, Hari Sukmono, untuk hari biasa produksi sampah pantai sekitar 5 M³.

“sedangkan pada liburan seperti ini terhitung mencapai 30 M³, atau meningkat sekitar 6 kali lipat,” ujarnya, Selasa, (21/7/015). Dari jumlah tersebut, sampah terbanyak merupakan bungkus makanan dan sisa-sisa makanan.

Untuk menghindari pencemaran pantai, serta  suasana kumuh kawasan pantai, wisatawan dihimbau tidak membuang sampah secara sembarangan, lebih baik dikumpulkan pada tempat yang disediakan. Disamping itu, memudahkan petugas dalam membersihkan atau mengambilnya. (Kandar)

Komentar

Komentar