Tim SAR Korwil I Pantau Munculnya Cahaya Misterius

oleh -
Ilustrasi

GIRISUBO, (KH) —Pasca munculnya fenomena aneh yang disaksikan masyarakat di Pantai Wediombo, Tim Search and Rescue (SAR) Korwil I mengaku akan terus melakukan pemantauan di seputaran pantai.

 

Koordinator SAR Korwil I, Sunu Handoko Bayu Sagara mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polsek, Kodim dan TNI Angkatan laut pasca munculnya cahaya yang menyerupai gangsing berwarna putih tersebut.

 

“Pemberitahuan lisan kepada dinas terkait telah kita lakukan. 30 tim SAR yang ada kita intensifkan untuk pemantauan pantai.”, ungkap Handoko, kepada KH, Rabu (12/11/2014).

 

Ia menjelaskan, pantauan di pantai Wediombo akan dilakukan mulai pukul 19.00 WIB. Handoko mengaku, pemantauann tidak hanya dilakukan di Pantai Wediombo tetapi juga di Pantai Sadeng dan Siung.

 

“Pemantauan akan kita lalukan sesuai dengan jadwal piket. Akan kita tempatkan dua orang anggota di masing-masing pantai dan akan kita atur pemantauan dengan shif,” ungkapnya.

 

Menurut Handoko, hingga saat ini belum ada yang bisa memastikan fenomena apa yang terlihat di laut tidak jauh dari Pantai Wediombo dua hari lalu itu. Munculnya cahaya yang berukuran kurang lebih 50 meter itu menimbulkan banyak persepsi di masyarakat.

 

“Ada masyarakat yang mengatakan hanya kapal, ada juga yang mengatakan cahaya tersebut berasal dari senyawa kimia yang dihasilkan dari biota laut, ada juga yang mengkaitkannya dengan kejadian mistik,” paparnya.

 

Meski demikian, Handoko mengajak masyarakat untuk tenang dan bersama-sama memantau keadaan yang terjadi. Dia mengatakan, munculnya fenomena cahaya di 500 meter dari bibir Pantai Wediombo tidak mengganggu aktifitas warga.

 

“Nelayan dan pedagang tetap melakukan aktifitas seperti biasa, para pemancing ikan juga tetap beraktifitas pada malam hari.”, ucapnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Warga Girisubo Gunungkidul dihebohkan dengan munculnya cahaya yang terpancar dari perairan Pantai Wediombo. Cahaya misterius ini berwarna putih dan hanya keluar pada malam hari.

 

Seluruh warga yang melihat mengatakan, fenomena ini seperti sebuah mainan gangsing yang berputar, berwarna putih seperti lampu neon, tetapi mengeluatkan percikan cahaya yang sangat terang. Fenomena itu muncul dan terlihat warga selama dua kali, yakni Minggu malam dan Senin malam 9-10 November 2014 kemarin.(Juju/Tty)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar