Stok Darah di PMI Menipis Saat Bulan Ramadhan

oleh -
kadhung tresno

WONOSARI, kabarhandayani.– Guna mencukupi kebutuhan stok darah bulan Ramadhan, Palang Merah Indonesia (PMI) Gunungkidul melakukan kerja sama dengan warga Gereja dan Wihara. Hal ini dilakukan agar stok darah tetap aman selama bulan puasa. 

Berkurangnya pendonor darah pada bulan puasa ini, membuat stok darah di PMI Gunungkidul menipis. Hal ini sangat ironis karena stok darah sangat penting mengingat sebentar lagi akan memasuki musim arus mudik, yang biasanya darah sering di butuhkan terutama bagi korban yang mengalami kecelakaan saat mudik. 

Agus Topo HP staf Petugas Pengerahan Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Gunungkidul mengungkapkan secara umum pendonor darah adalah umat muslim dan saat ini sedang menjalankan puasa sehingga kegiatan donor darah berkurang. Namun PMI tetap mengkondisikan untuk stok darah selama bulan Ramadhan ini. “Sebisa mungkin kita kondisikan stok darah walaupun saat ini perolehan darah sangat berkurang,” ungkapnya. 

Kepada KH, Agus Topo menjelaskan syarat bagi para pendonor yang ingin mendonorkan darahnya. Syarat untuk bisa mendonorkan darah yakni sudah berusia minimal 17 tahun maksimal 60 tahun jika berusia 60 tahun ada persyaratan khusus, berat badan minimal 50 kilogram, tidak sedang dalam masa pengobatan (sakit), dan bagi wanita tidak sedang haid atau menyusui. 

Untuk stok darah di PMI Gunungkidul saat ini ada walaupun belum bisa dikatakan cukup aman. Stok darah yang tersedia yakni golongan darah A:12 kantong, B: 15 kantong, O: 22 kantong, AB: 5 kantong. “Dari ke empat golongan tersebut memang AB yang paling sedikit pasalnya golongan darah AB terkenal susah dicari tidak seperti golongan darah lainnya,” jelas Agus.

Agus Topo manambahkan bahwa selama bulan Ramadhan PMI Gunungkidul membuat kegiatan donor darah di Gereja dan Wihara. Kegiatan dibuat sebagai antisipasi karena PMI bersifat universal tidak membedakan ras suku dan agama selagi pendonor memenuhi kriteria akan kami layani. Adapun bagi umat muslim yang ingin mendonorkan darah kami juga membuat agenda donor darah malam, yaitu Sabtu (19/07/14) malam di kantor PMI Gunungkidul. 

Hal ini dilakukan guna mempersiapkan kebutuhan darah jelang mudik mendatang. “Seperti tahun-tahun sebelumnya dikhawatirkan kebutuhan darah meningkat saat memasuki musim mudik, karena mengantisipasi seringnya terjadi kecelakaan saat mudik,” paparnya. (Atmaja/Hfs)

Komentar

Komentar