SDN Tunggaknongko Wakili Gunungkidul Lomba KMDM Tingkat Propinsi

oleh -
Guru dan siswa SDN Tunggaknongko melaksanakan kegiatan penghijauan (KMDM). KH/ Sarwo
iklan dispar
Guru dan siswa SDN Tunggaknongko melaksanakan kegiatan penghijauan (KMDM). KH/ Sarwo
Guru dan siswa SDN Tunggaknongko melaksanakan kegiatan penghijauan (KMDM). KH/ Sarwo

SEMANU(KH)— Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tunggaknongko UPT TK/SD Semanu Gunungkidul, maju lomba “Kecil Menanam Dewasa Memanen” (KMDM) tingkat Propinsi DIY, mewakili Kabupaten Gunungkidul.

Menurut Kepala Sekolah SDN Tunggaknongko Ganang Mursid Andaya MPd, kegiatan KMDM di sekolahnya dimulai tahun ajaran 2014/2015, bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Gunungkidul, dengan modal gotongroyong Guru dan siswa mengumpulkan dana, untuk melakukan kegiatan KMDM.

Dibimbing dan dibina patugas dari Dishutbun Kabupaten Gunungkidul, Sukardi. Sedang Guru yang membina anak-anak Rahmad Sujoko SPd, dimulai dari penyiapan tanah,kemudian memasukkan tanah ke polibek, dan melakukan penyemaian bibit, tahun 2014/2015 jenis bibit yang ditanam Sengon dan Akasia sebanyak 5.000 batang.

Bibit Sengon dan Akasia kemudian dibagikan ke siswa untuk ditanam di pekarangan rumah, dibagikan pula ke siswa  di 2 SD lain, ditanam pula pada bantaran sungai yang ada di Tunggaknongko desa  Ngeposari, Semanu. Kegiatan KMDM bertujuan menanamkan rasa cinta lingkungan kepada siswa sejak dini, ketika siswa dewasa sudah dapat memanen hasilnya.

Keberhasilan  SD Tunggaknongko tahun 2014/2015 diikutkan lomba KMDM tingkat kabupaten, meraih juara III dalam lomba Wana Lestari, kemudian tahun ini (2015/2016) maju lomba KMDM tingkat Propinsi, yang akan dinilai pada 10 Mei 2016 mendatang.

Tahun 2015/2016 SDN Tunggaknongko menyiapkan bibit Jambu biji merah, Sengon, Nangka dan Akasia sebanyak 7.000 batang, selain dibagikan kepada siswa, ada yang dijual kepada umum, hasil penjualan bibit tanaman kembali untuk biaya pembibitan.

“Dari Dishutbun memberikan bantuan bibit, polibek, pupuk sekaligus mendampingi siswa-siswi dalam melaksanakan program KMDM,” terang Ganang. (Sarwo)

Komentar

Komentar