Sambut Mudik 2022, Dishub Gunungkidul Cek Kesiapan Angkutan Umum

oleh -
Mudik
Pemeriksaan kelaikan kendaraan angkutan umum di Gunungkidul menyambut mudik 2022. (KH)

GUNUNGKIDUL, (KH),— Menyambut tradisi mudik Lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul melakukan pengecekan kendaraan angkutan umum Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), Rabu, (13/4/2022).

Pengecekan kendaraan (ramp check) dilakukan ke sejumlah Perusahaan Otobus (PO). Petugas Dishub mengecek kelaikan kendaraan yang disiapkan mengangkut pemudik.

“Selain memastikan kelaikan kendaraan, pengemudi juga harus dibekali edukasi yang menunjang kinerjanya,” kata penguji kendaraan bermotor Dishub Gunungkidul, Reza Pahlevi saat menggelar ramp check di PO Maju Lancar di Siyono, Playen, Gunungkidul.

Edukasi diantaranya mengenai pemahaman medan jalan hingga penggunaan rem. Menurutnya standar periode pengujian dilakukan sekali dalam 6 bulan.

Dari hasil pengecekan kendaraan akan mendapat bukti hasil uji yang berlaku untuk periode waktu tertentu. Selama bukti hasil uji berlaku kendaraan dipastikan aman untuk dioperasionalkan.

Terpisah Pengatur Lalu Lintas Terminal Dhaksinarga Wonosari Gunungkidul, Aris Farwanto mengaku telah melakukan sejumlah persiapan guna menyambut mudik Lebaran 2022.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan penyedia jasa angkutan umum dalam hal monitoring mengenai sertifikat vaksin calon penumpang. Sebagaimana telah diputuskan pemerintah, pemudik wajib sudah mendapat booster jika ingin melakukan perjalanan tanpa harus tes COVID-19,” paparnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar