Promosi Pesona Indonesia, Festival Petualang Nusantara Digelar Di Gunungkidul

oleh -
Pendirian tenda di Pantai Nguyahan, Saptosari, Gunungkidul oleh peserta FPN 2016.
kadhung tresno
Pendirian tenda di Pantai Nguyahan, Saptosari, Gunungkidul oleh peserta FPN 2016.
Pendirian tenda di Pantai Nguyahan, Saptosari, Gunungkidul oleh peserta FPN 2016.

SAPTOSARI, (KH)— Sebagai salah satu upaya Kementrian Pariwisata mempromosikan Pesona Indonesia, bersama komunitas LareAngon Indonesia Festival Petualang Nusantara (FPN) digelar di Gunungkidul, 12-14 Agustus 2016.

Bertema ‘Laraskan Hati, Jaga Bumi Pertiwi kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pergerakan kunjungan wisatawan nusantara ke Gunungkidul. Kegiatan perkemahan berbentuk petualangan bersama ini mempertemukan antara petualang senior dan petualang muda dengan harapan terjadi pembelajaran mengenai pelestarian alam dan budaya Indonesia.

“Kegiatan ini juga memberikan Inspirasi dan memotivasi para peserta untuk berkegiatan di alam dengan benar dan aman,” kata Aji Rachmad, ketua panitia penyelenggara dari LareAngon, Sabtu, (14/8/2016).

Dia menambahkan, peserta diajak berpetualang menikmati serta mengeksplor destinasi wisata minat khusus yang ada di Gunungkidul, beberapa diantaranya di Gunung Api Purba Nglanggeran, Cave Tubing Kali Suci serta Menyusuri beberapa Pantai.

Kegiatan yang dipusatkan di Pantai Nguyahan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari ini juga dilengkapi dengan Workshop/ Coaching clinic pengenalan mengenai profesi petualangan di alam bebas serta edukasi mengenai pemanduan goa, survival skills, panjat tebing, dan lainnya. Salah satu nara sumber inspirator yakni Heru Gundul, host ‘Jejak Si Gundul’ program tayangan tv swasta nasional.

“Keseluruhan ada 150 Peserta yang terbagi di beberapa tempat kegiatan, untuk lokasi perkemahan besar ada di Pantai Nguyahan ini,” tambah Aji.

Lelaki yang memiliki hobi petualangan ini menuturkan, kegiatan FPN kali ini merupakan yang kelima kalinya, setelah sebelumnya dilaksanakan di Lampung. Ia mengaku kagum dan menganggap wisata petualangan di Gunungkidul benar-benar luar biasa.

“Masih banyak potensi wisata minat khusus di Gunungkidul yang belum di eksplor,” kata lelaki gondrong ini. (Kandar)

Komentar

Komentar