Pesona Wisata Gunung Kendil

oleh -
Pintu Masuk Obyek Wisata Gunung Kendil. Foto : Hari
iklan dispar
Pintu Masuk Obyek Wisata Gunung Kendil. Foto : Hari
Pintu Masuk Obyek Wisata Gunung Kendil. Foto : Hari

PONJONG, (KH) — Daerah Gunungkidul dulu terkenal sebagai daerah yang kekurangan air. Namun kini Gunungkidul justru dikenal luas karena wisata alam yang mengandalkan sumber daya alam air.

Salah satu tempat wisata yang sekarang ini baru naik daun adalah Wisata Gunung Kendil. Tempat wisata alam ini berada di Padukuhan Ponjong, Desa Ponjong, Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul.

Dahulu Gunung Kendil merupakan  gunung yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar, dengan banyaknya bongkahan batu-batu besar dan pepohonan besar. Eyang Moyo dengan dibantu  beberapa orang saja dan dengan alat seadanya  mulai meratakan tanah  yang ada di Gunung Kendil yang mulanya masih berbentuk gunung.

Keinginan Eyang Moyo untuk mencari sumber air di Gunung Kendil sempat mendapatkan cibiran dari masyarakat sekitar yang merasa tidak yakin ada sumber air di dalam batu-batu besar yang ada di Gunung Kendil. Namun ternyata Eyang Moyo berhasil mendapatkan sumber air yang mulai keluar pada tanggal 28 November 2008 pada malam 1 Suro , dibor pada kedalaman 72 meter dan hanya memakai satu mata bor.

Menurut riwayat sejarah, nama Gunung Kendil ini dicetuskan oleh para wali yang awalnya merupakan tempat persinggahan.

Diceritakan juga oleh para wali bahwa dulunya di Gunung Kendil ini terdapat banyak sekali emas, tetapi setiap kali akan diambil emas tersebut kemudian mengerucut atau lepas dan tak dapat diambil.

Dan setelah Eyang Moyo berhasil mengeluarkan sumber air dapat ditafsirkan bahwa yang dimaksud emas yang mengerucut ialah sumber air , kualitas air di sini memiliki kualitas yang luar biasa.

Berdasarkan hasil laboratorium , air ini dapat langsung diminum dan juga dapat digunakan untuk terapi rohani dan kesehatan . Tempat yang dimiliki oleh Eyang Moyo ini menyimpan berbagai hal yang dapat digunakan untuk melepas penat dari rutinitas. Pemandangan alam yang memanjakan mata dan “Karst Water” yang merupakan air berkualitas baik, dapat digunakan untuk konsumsi dan melakukan kegiatan lainnya.

Banyak fasilitas yang ditawarkan di tempat Wisata Gunung Kendil, antara lain kolam renang, terapi air, serta ada air mineral khusus yaitu ARDO ( Air minum Doa). Untuk air kemasan ini sudah teruji dari Dinas Kesehatan DIY dan Kabupaten Gunungkidul bahwa air  dari puncak Gunung Kendil sangat layak dan bisa digunakan untuk sumber air minum, karena kandungan bakteri E Collinya adalah 0. Masyarakat saat ini sudah bisa menikmati air minum dari Gunung Kendil yang diberi label “ARDO” (Air Minum Doa).

Dalam pengembangan ke depannya sebagai kawasan wisata ada beberapa yang akan dijalankan oleh pengelola yaitu yang pertama  rumah makan, direncanakan sebagai pelengkap wisata ini akan menyediakan fasilitas rumah makan, yang kedua adalah Camping Ground  , menyajikan keindahan alam yang sama seperti beberapa tahun yang lalu dengan tempat yang dikhususkan untuk bertenda dan berkumpul melewati malam . yang ketiga adalah bungalow atau tempat untuk menginap .

“Dalam seminggu terakhir ini pengunjung lumayan banyak mas, kurang lebih sekitar 400an orang,” ujar Subari salah satu pengelola Wisata Gunung Kendil pagi ini.

“Semoga ke depannya Wisata Gunung kendil semakin maju dan menjadi primadona bagi para wisatawan,” pungkasnya. (Hari)

Komentar

Komentar