Pesona Mengkilap Gua Song Gilap

oleh -
Goa Song Gilap dilihat dari luar. Foto : Hari
iklan dispar
Goa Song Gilap dilihat dari luar. Foto : Hari
Goa Song Gilap dilihat dari luar. Foto : Hari

PONJONG, (KH) — Gua Song Gilap yang berada di Padukuhan Klumpit, Desa Kenteng, Kecamatan Ponjong, penuh dengan keindahan alam yang tak kalah dengan gua gua yang tersebar di Kabupaten Gunungkidul.

Untuk wisatawan yang suka dengan penelusuran gua, mungkin Gua Song Gilap bisa menjadi salah satu tujuan wisata baru untuk menghilangkan rasa haus akan petualangan di dalam gua. Seluruh akses menuju Padukuhan Klumpit hanya dapat dicapai dengan menulusuri jalan cor blok yang tidak selalu mulus. Jalanan menuju Gua Song Gilap sempit dan berliku. Dengan semua keterbatasan, Gua Song Gilap menyimpan potensi wisata yang sangat bagus.

Dukuh klumpit , Sario mengatakan, Gua Song Gilap merupakan sumber air utama warga Klumpit untuk kebutuhan sehari-hari, karena jika kemarau datang, warga harus membeli dari penjual air yang itu tidak murah harganya.

“Sekitar tahun 1987 Pemerintah Jepang pernah memberikan bantuan berupa pompa air tenaga surya di gua ini. Tapi, sayang mas, setelah 10 tahun pompa rusak dan tidak bisa diperbaiki. Jadi, sekarang cuma ada bekas bangunannya saja,” tambah sario,

Meskipun gua ini sudah lama diketahui oleh warga, akan tetapi warga baru tahu, bahwa di dalamnya terdapat potensi wisata yang sangat bagus. Selama ini warga hanya masuk sebatas mengambil air dan tidak melakukan penelusuran sampai ke dalam.

Untuk masuk ke dalam gua sudah tidak perlu khawatir lagi, karena bekas tangga fasilitas pompa air bantuan dari Jepang masih kokoh dan bagus. Tantangan yang mulai menguji adrenalin, adalah ketika mulai masuk ke dalam perut Gua Song Gilap. Kondisi yang licin dan banyak bebatuan, serta aliran sungai yang ada di dalamnya, membuat pelurusuran ke dalam gua semakin menantang.

DI sepanjang perut gua terdapat ornamen ornamen batu yang sangat indah. Menurut warga sekitar, di dalamnya terdapat gerombolan kelelawar dan kelompok kera ekor panjang.

“Saya harap, pada tahun ini segera dibuat pokdarwis mas, dan Gua Song Gilap bisa menjadi salah satu daya tarik dari Kecamatan Ponjong. Kalau udah jadi tempat wisata yang dikenal banyak orang, ya, pasti ekonomi masyarakat sekitar pasti naik,” pungkas Surio.(Hari/Tty)

Komentar

Komentar