Peserta Jamkesta Gunungkidul Mencapai 223.552 Jiwa

oleh -
Ilustrasi. Sumber : Internet.
iklan dispar
Ilustrasi. Sumber : Internet.
Ilustrasi. Sumber : Internet.

WONOSARI, (KH) — Tidak semua warga kurang mampu di Kabupaten Gunungkidul tercover jaminan kesehatan yang dilakanakan oleh  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sehingga warga kurang mampu masih mengantungkan Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) untuk membantu biaya pengobatan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Pemkab Gunungkidul, Bambang Sukemi mengatakan, tidak semua warga miskin Gunungkidul tercover BPJS. Warga miskin yang belum tercover BPJS disediakan program Jamkesta yang ditanggung oleh pemerintah daerah.

“Dari seluruh penduduk Gunungkidul hanya 445,388 jiwa yang tercover program Jamkesmas atau BPJS. Warga pemegang kartu ini memang ditanggung oleh pemerintah melalui APBD,” katanya, Rabu (8/1/2015).

Dia menjelaskan, untuk tahun 2015 peserta program Jamkesta di Gunungkidul sebanyak 223.552 jiwa. Program Jamkesta ini tidak bersifat tetap dan hanya berlaku selama satu tahun.

“Selama satu tahun, perjiwa mendapatkan Rp. 5 juta. Karena program ini sifatnya hanya sementara,” ungkapnya.

Dikatakan, warga kurang mampu yang akan mengakses program Jamkesta harus mendapat rekomendasi dari bagian Kesra. Kemudian rekomendasi yang diberikan, dibawa ke Dinas Kesehatan Gunungkidul untuk pengurusan selanjutnya.

“Rekomendasi memang dari kita, tetapi yang mengeluarkan sebenarnya dinas kesehatan. Sekali lagi program Jamkesta hanya untuk masyarakat yang tidak tercover BPJS,” ucapnya.

Sementara, Yono (24) warga Kajar, Wonosari mengaku terbantu dengan program Jamkesta tersebut. Saat keluarganya mengalami kendala dana pengobatan, Yono mengurus rekomendasi ke bagian Kesra untuk dapat mengakses program Jamkesta sehingga biaya pengobatan yang ditanggungnya lebih ringan.

“Kakak saya menjalani perawatn di rumah sakit, karena belum tercover BPJS. Saya mengurus Jamkesta, dan kami sangat terbantu, karena mendapat keringanan pengobatan sebesar Rp. 5 juta,” katanya. (Juju/Tty)

Komentar

Komentar